Waspada Ma, Ini Cara Menghindari Hipnotis!

kejahatan hipnotis

Hipnotis atau yang disebut juga hipnotis merupakan salah satu metode terapi yang dilakukan oleh para ahli seperti psikiater dan psikolog untuk membuat seseorang rileks sehingga mudah untuk memberikan sugesti sebagai pengobatan. Banyak sekali kegunaan hipnotis dalam dunia psikologi, salah satunya adalah dalam menanamkan pikiran pada pasien yang akan memudahkannya. pengobatan siapa yang akan atau sedang tinggal. Sayangnya, hipnotis kini sering disalahgunakan oleh orang-orang tertentu untuk melakukan kejahatan seperti penipuan, pencurian, dan penculikan. Faktanya, metode kejahatan ini sedang populer di kalangan masyarakat, baik dengan menemui korban secara langsung, maupun melalui telepon seluler. Biasanya target mereka adalah orang tua atau ibu yang sudah lanjut usia. Jadi, Mampaps harus mewaspadai kejahatan ini! Kenali Tanda-tandanya dan Cara Menghindari Hipnotis, Yuk!

Tanda-tanda Hipnosis

Resep Mang odading oleh

Pada dasarnya kebanyakan orang sudah mengetahui tanda-tanda pelaku. Namun, pikiran yang kosong bisa menjadi sasaran empuk para penjahat dengan metode hipnotis. Pelaku hipnotis biasanya melakukan kejahatan dengan dua cara, yaitu bertemu korban secara langsung atau di tempat umum atau melalui telepon. Oleh karena itu, penting bagi Mampaps untuk mengetahui cara menghindari hipnotis. Beberapa tanda hipnotis yang harus dilumpuhkan adalah sebagai berikut.

Di tempat umum

Tempat umum menjadi sasaran para penghipnotis. Biasanya tempat sibuk yang ramai dimana orang sibuk dengan urusannya. Wah, Mama sering di tempat seperti ini kan? Sebelum mengetahui cara menghindari hipnotis, penting bagi Anda untuk mengenali ciri-ciri seorang penghipnotis.

  1. Bertingkah mengetahui korban. Biasanya, penghipnotis akan berbicara dengan calon korban terlebih dahulu saat membaca situasi. Jika menurutnya situasi dan kondisinya mendukung dan targetnya sesuai dengan lawan bicara, dia akan melanjutkan aksinya. Namun, jika menurutnya calon korban bukanlah orang yang mudah terhipnotis, ia tidak akan melanjutkan aksinya dan mencari target baru lainnya.
  2. Cenderung mengikuti korban. Jika Mampaps berada di tempat umum dan merasa ada yang mengikuti, cari tempat yang ramai dan jika perlu bergabunglah dengan sekelompok orang. Berikan kode untuk meminta bantuan kelompok yang diikuti seseorang sambil mengarahkan pandangan mereka ke tersangka.
  3. Buat korban percaya pada dirinya sendiri. Pelaku cenderung cerewet untuk menarik perhatian calon korban sembari menunggu posisi korban yang ceroboh. Ia akan membuat ceritanya menarik sehingga calon korban akan senang mendengar ceritanya.
  4. Pelaku mencoba menepuk bahu korban. Menurut pengalaman banyak orang, beberapa penghipnotis melancarkan aksinya dengan cara menepuk bahu korban. Oleh karena itu, jaga jarak sebagai bentuk kewaspadaan terhadap orang asing.

Melalui telepon

Di era digital sekarang ini, hipnotis bahkan bisa dilakukan secara tidak langsung lho, Bu. Wah, makin waspada untuk berhenti tahu cara menghindari hipnotis dan ciri-cirinya, Ma.

  1. Pelaku akan meminta korban untuk menebak namanya. Jika seseorang menelepon dan langsung bertanya bagaimana kabarmu tetapi Mampaps tidak mengenalnya, berhati-hatilah. Saat pelaku diminta menebak namanya, Mampaps langsung bisa mencurigainya.
  2. Korban memiliki modus pinjam uang dan meminta calon korban untuk memberikannya melalui transfer. Mamapaps tidak boleh sembarangan dalam mentransfer sejumlah uang hanya dengan kesepakatan melalui telepon, abaikan saja.
  3. Pelaku mengaku sebagai lembaga atau perusahaan yang membagikan hadiah dengan syarat korban harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Meski mode ini sudah lama digunakan para penghipnotis, masih ada korban yang jatuh. Ingat Mampaps, hadiah tidak memerlukan Mampaps untuk mentransfer institusi atau perusahaan. Kecuali jika ada rapat dan penerimaan bingkisan dan ada pajak yang harus dibayar.
Baca:  Bikin Terpana! Ini Penampilan 10 Seleb Hollywood Tanpa Makeup

Kisah 5 IRT yang Menjadi Korban Hipnosis

keuangan rumah tangga stabil

Dalam sepekan ada lima ibu rumah tangga yang menjadi korban kejahatan dengan metode hipnotis. Peristiwa itu terjadi di Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Barat, Maluku. Total kerugian yang diderita setiap korban berkisar antara 5 juta hingga 17 juta rupiah.

Salah satu korban hipnotis bernama Wiya, seorang ibu rumah tangga berusia 38 tahun yang mengalami tindak pidana di pasar waimital pada Kamis (9/10/20). Ia mengaku didekati seseorang dengan sosok jangkung yang langsung menepuk pundaknya sembari memintanya mengobrol.

Pelaku mengajak Wiya kembali ke rumahnya, dan sesampainya di rumah pelaku, ia mengajak korban untuk ngobrol. Wiya mengatakan, pelaku sempat melantunkan mantra beberapa kali sebelum melakukan aksinya. Setelah itu, pelaku mengajak Wiya masuk ke kamar tidur.

Pelaku menawarkan untuk membantu memesan Wiya karena pelaku mengatakan bahwa Wiya mengidap penyakit. Setelah itu, pelaku berpamitan dan meminta korban untuk dibawa ke jalan. Ketika Wiya masuk ke rumahnya lagi, dia menyadari apa yang sebenarnya terjadi. Saat mengecek rumahnya, memang benar pelaku merampas uang senilai Rp 5 juta.

Kapolres Seram Bagain Barat mengatakan, tiga korban pernah mengalami kejadian serupa dan pelakunya sama-sama perempuan.

Baca juga: Kekerasan Seksual terhadap Anak, Korban Cenderung Jadi Pelakunya?

Bagaimana Menghindari Hipnosis

Cara menghindari hipnotis "width =" 650 "height =" 370

Agar Mams terhindar dari kejahatan hipnotis, lakukan beberapa cara berikut agar terhindar dari hipnotis.

  1. Hindari percakapan panjang dengan orang asing. Pelaku hipnotis biasanya akan membuat korbannya tertawa dengan suasana tersebut sehingga tertarik untuk menyimak ceritanya. Jadi tidak perlu di perhatikan baik-baik bu.
  2. Selalu waspada saat berada di tempat umum. Hindari tempat-tempat sepi dan batasi interaksi dengan orang asing.
  3. Tidak melamun. Melamun menjadi momen yang tepat bagi pelaku untuk melancarkan aksinya berhenti melamun di depan umum, Bu.
  4. Selalu berdoa. Selain berusaha menghindarinya, jangan lupa libatkan Tuhan dengan berdoa memohon perlindungan.
  5. Menjaga jarak. Karena salah satu kejahatan metode hipnotis adalah dengan menyadap.
  6. Tutup telepon jika ada panggilan dari nomor asing yang mencurigakan. Tidak perlu merasa buruk dan semuanya, ya, Bu.

Baca Juga: Wajib Tahu! 7 Cara Mencegah Penculikan Anak

Indonesia terkenal dengan masyarakatnya yang ramah, namun bukan berarti setiap orang yang baru saja Anda temui bisa langsung dipercaya. Katakan pada diri sendiri untuk selalu waspada dan selalu ingat bagaimana menghindari hipnotis, Bu!

Postingan Itu Waspada Ma, Begini Cara Mencegah Hipnotis! muncul pertama kali di Mamapapa.id.