Tips Pertahankan Rumah Tangga Meski Suami Selingkuh!

Tips Pertahankan Rumah Tangga Meski Suami Selingkuh!

Tidak ada satu wanita pun yang tidak marah ketika mengetahui bahwa suaminya selingkuh, mereka pasti akan merasakan sakit hati yang mereka rasakan! Namun bagi sebagian wanita mereka tetap ingin menjaga rumah tangganya dengan baik tanpa ada perpisahan. Ya, dapatkah pernikahan yang dikhianati kembali harmonis?

Menjaga rumah tangga meski suami selingkuh merupakan tantangan berat bagi Mama, beberapa alasan Mama tetap bertahan adalah faktor anak. Tentunya para ibu tidak mau, jika anak harus hidup berpisah dengan orang tuanya. Untuk Mama, merawat perasaan anak lebih penting dari pada diri sendiri.

Hal yang Dapat Dilakukan Saat Suami Berselingkuh

Sumber gambar: www.eatthis.com

Mengikat janji setia untuk membangun keluarga yang harmonis adalah yang diinginkan setiap pasangan suami istri. Namun, setiap pasangan menikah memiliki cobaannya masing-masing. Salah satu cobaan yang biasa kita temui adalah menipu suami! Ya, ketika saya pertama kali mengetahui bahwa suaminya selingkuh, dunia sedang hancur dan beberapa ibu biasanya akan menyalahkan dirinya sendiri.

Baca Juga: Curang, Penyakit Kambuh? Cari Tahu, Bu!

Tapi jangan terburu-buru emosi dan buat keputusan bu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat mengetahui suami selingkuh:

Jangan pernah menebak

Sebelum menilai suaminya yang dikabarkan selingkuh, Mams wajib mencari tahu kebenarannya. Jangan pernah menebak bahwa Mams tidak memiliki bukti bahwa suami Anda selingkuh, karena tanpa bukti yang kuat suami bisa menyangkal tuduhan tersebut. Tak ada salahnya Mams bertanya langsung apakah menurutnya ada yang ganjil dalam sikap suaminya.

Bicara dan Katakan Apa yang Mama Rasakan

Jika Mams sudah mengantongi semua bukti bahwa suaminya selingkuh, maka bicaralah padanya dengan baik. Cobalah untuk menahan emosi Bunda, sebutkan saja apa yang ditemukan Mams dengan tenang, jelas dan tegas. Ingat Bu! Emosi hanya akan membuat suasana mendung, jika bersikap tenang Mams menunjukkan bahwa Mama tetap tegar dan percaya diri.

Setelah memberikan bukti, dengarkan jawaban suami. Apakah dia mengakui bahwa dia benar-benar curang atau apakah ada jawaban lain. Dengan jawaban ini, Bunda bisa menyikapi bagaimana rumah tangga akan terus lestari atau tidak.

Jangan Pikirkan Tentang Perceraian

Keputusan untuk bercerai merupakan hal yang harus Bunda pikirkan dengan matang, karena banyak hal yang harus diperhatikan saat mengucapkan kata perpisahan. Sungguh menyakitkan ketika mengetahui bahwa suami Anda selingkuh, tetapi coba pikirkan kembali apakah kesalahan suami Anda masih bisa dimaafkan dan diperbaiki.

Namun, jika keputusan berpisah sudah matang, coba diskusikan keinginan Mama dengan konsultan hukum dan temukan nasehat yang tepat dalam menangani perceraian.

Luangkan Waktu Untuk Sendiri

Sebelum Anda yakin untuk membuat keputusan untuk memaafkan kesalahan suami Anda atau bercerai, ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk diri sendiri terlebih dahulu. Mama bisa meledak dengan amarah, kebencian dan kebencian saat ini! Ini wajar saja Bu, tidak ada salahnya menangis agar Bunda bisa lebih tenang agar bisa mengambil keputusan yang baik.

Baca:  Flu Perut pada Anak, Memang Ada ya Mams?

Ingat! Jangan pernah berpura-pura bahagia ya, pastikan dulu keputusan yang kamu buat adalah keputusan yang tepat untuk dirimu sendiri.

Baca Juga: Bosan di Rumah? Jangan Cheat, Lakukan Ini!

Berhenti Mencari Tahu Tentang Perselingkuhan Suami

Mengapa? Ini hanya akan memperburuk keadaan Bu, mencari tahu tentang perselingkuhan suaminya sama saja dengan Mams yang tidak aman dan juga membuat hati Mama semakin sakit. Cobalah untuk tetap bijaksana, tenang, dan tegas tanpa harus melakukannya ingin tahu dan cari tahu tentang wanita lain di media sosial ya.

Tips Menjaga Rumah Tangga Meski Suami Selingkuh

suami selingkuh
Sumber gambar: makehimyours.com.

Kalau keputusan Mama tetap tinggal dan sudah memaafkan kesalahan suaminya yang berzina, bisa jadi kamu kurang percaya. Tak hanya itu, keharmonisan keluarga juga bisa sedikit hambar atau malah terus menjadi curiga terhadap sikap suami. Nah, berikut beberapa tips yang bisa Bunda lakukan untuk menjaga rumah tangga meski suaminya selingkuh, di antaranya:

Introspeksi diri

Coba lakukan introspeksi diri, apa yang salah dengan Mama dan cobalah memaafkan diri sendiri dan sikap suami yang selingkuh. Memang hal ini akan membuat kepercayaan Mama pada perkawinan sulit dibangun kembali, apalagi jika selingkuh sudah dilakukan berulang kali.

Buat Keputusan Bersama

Jika suami Anda selingkuh dan sudah mengakui serta meminta maaf kepada Mama, maka tidak ada salahnya membuat keputusan bersama yang baik jika Anda memilih untuk tetap menikah. Misalnya dengan membangun komitmen untuk bekerja sama memulihkan keutuhan rumah tangga.

Baca Juga: Curang Online? Jangan Tersinggung, Bu!

Menyampaikan

Jangan hanya diam saja kalau Mama punya masalah atau kecurigaan selingkuh suami, usahakan ngobrol dari hati ke hati setiap hari. Komunikasi yang baik akan membangun keluarga yang harmonis, tentunya begitu menghabiskan waktu bersama setiap hari setidaknya melakukan bicara bantal.

Berbagi Tanggung Jawab

Orang yang pernah selingkuh harus rela menanggung semua kesalahannya, karena ini akibat ulah suami yang selingkuh. Nah, ini juga kesempatan Mama untuk membantu agar suaminya bisa keluar dari masalah selingkuh yang pernah dilakukannya. Misalnya dengan melakukan penyuluhan pernikahan bersama atau tidak mengungkit masa lalu suami.

Memilih bertahan hidup saat suaminya selingkuh mungkin cara yang bisa dilakukan Mams, tapi jangan pernah sesekali melukai diri sendiri karena hal ini! Tetap semangat dan jangan lupa selamat mams semoga bermanfaat ya.

Postingan Tips Menjaga Rumah Tangga Meski Suami Selingkuh! muncul pertama kali di Mamapapa.id.