Tips Liburan Saat Pandemi, Biar Aman di Rumah Aja Yuk!

Tips Liburan Saat Pandemi, Biar Aman di Rumah Aja Yuk!

Eits, ada yang masih lanjut nyanyi nggak nih Mampaps? Ayo, libur panjang saat pandemi begini pada milih libur kemana nih? Ke pantai, gunung, berenang, atau tetap di rumah aja? Ingat ya Mampaps, kita masih dalam suasana pandemi nih, jangan sampai pulang liburan kesehatan keluarga malah menjadi ancaman lho, sekalipun kita mengikuti tips liburan saat pandemi. Tetap waspada itu harus ya, Mampaps!

Memang bosan sih menghabiskan libur panjang kalau di rumah aja, tapi demi kesehatan keluarga tidak ada salahnya kan untuk menunda dan merencanakan liburan bersama keluarga yang lebih seru lagi setelah pandemi Covid-19. So, yuk manfaatkan cuti bersama dan libur panjang ini untuk liburan di rumah aja dengan tips liburan saat pandemi di rumah aja yang akan Mamapapa.id share, yakin deh dinilai lebih aman.

Tempat yang Menjadi Incaran Liburan Keluarga

Tapi masih banyak juga nih keluarga Indonesia yang tetap merencanakan libur panjang saat pandemi ini di luar rumah, hal ini terlihat dari pantauan bandara International Soekarno-Hatta penuh dengan orang-orang yang akan berpergian. Bahkan, jalanan ke puncak dan beberapa kota lainnya sudah mulai padat merayap nih Mampaps! Semoga yang baca artikel ini, memilih libur panjang di rumah aja ya.

Baca Juga: Aplikasi Edukasi untuk Menemani Anak Saat di Rumah Aja!

Lalu, tempat-tempat liburan apa sih yang bisanya akan dikunjungi keluarga Indonesia untuk liburan?

Pantai

Pantai menjadi salah satu tempat liburan keluarga yang paling sering dikunjungi. Berlibur ke pantai memang sangat seru, kita bisa menikmati sunset dan sunrise, bermain air serta Si Kecil bisa membuat istana yang megah menggunakan pasir. Kebayang seru ya Mampaps?

Meskipun mengikuti tips liburan saat pandemi. Tetap saja, kebayang dong seberapa ramainya orang untuk memilih liburan di pantai saat libur panjang begini? Wah, cukup bahaya nggak nih Mampaps jika memilih pantai untuk menghabiskan libur panjang saat pandemi ini? Ayo, dipikirkan secara matang lagi ya.

Kolam Berenang

Siapapun tentu suka air, dari orang dewasa hingga anak kecil. Nah, alternatif liburan bersama keluarga yang paling banyak dikunjungi selanjutnya adalah kolam renang atau tempat pemandian air hangat untuk berendam. Di sini Mampaps dan Si Kecil bisa dengan happy dan bebas untuk bermain air, tapi apakah akan tetap happy jika kondisinya sedang ramai?

Nah, kolam berenang atau pemandian air hangat juga bukan tempat yang tepat nih Mampaps untuk dipilih sebagai tempat libur panjang saat pandemi, sekalipun kita mengikuti tips liburan saat pandemi yang aman. Mengapa? Karena kita tidak pernah tahu dengan siapa kita berenang dan apakah orang-orang sekitar terdapak Covid-19 apa tidak.

Puncak atau Wisata Alam

Menikmati pemandangan air terjun atau pohon-pohon di taman memang menenangkan, terlebih selama ini kita hanya di rumah aja. Puncak atau wisata alam lainnya memang tempat paling yang pas untuk liburan bersama keluarga, Mampaps bisa makan bersama di bawah pohon yang rindang sambil menikmati suasana yang sangat damai.

Baca Juga: Resep Odading Mang Oleh, Bikin di Rumah Aja Yuk Mams!

Eits… apakah akan damai jika yang datang orangnya banyak? Sekalipun kita mengantongi tips liburan saat pandemi. Ingat Mampaps, liburan di mana saja dalam kondisi ini selain bikin was-was tentu bisa saja mengancam Kesehatan keluarga loh. Ayo, coba pikirkan lagi untuk memilih tempat liburan bersama keluarga di masa pandemi ini ya Mampaps.

Kegiatan Libur Panjang di Rumah Saja yang Menyenangkan

Memilih untuk menikmati libur panjang saat pandemi di rumah aja memang menjadi pilihan tepat nih Mampaps, dengan begitu kesehatan keluarga tetap aman. Nah, Mamapapa.id akan share tips liburan saat pandemi meski hanya di rumah saja.

Baca:  14 Jenis Tanaman Kaktus Hias untuk di Dalam Rumah

Mampaps bisa nih menciptakan suasana liburan menyenangkan bersama keluarga saat di rumah, salah satunya dengan mengisi kegiatan-kegiatan seru seperti berikut:

Crafting

Crafting atau membuat kerajinan bisa menjadi salah satu tips liburan saat pandemi yang asik dan menyenangkan nih Mampaps bersama Si Kecil. Mampaps bisa mengajak dan mengajarkan Si Kecil untuk membuat knitting atau merajut, scrapbooking, membuat gelang atau kalung dari manik-manik dan sebagainya. Lalu hasilnya bisa dipajang atau mereka gunakan.

Berkemah

Bukan hanya di gunung untuk berkemah, tips liburan saat pandemi di rumah saja dengan kegiatan sejenis juga tetap bisa dilakukan loh! Bahkan lebih menarik dan menyenangkan. Berkemah bisa dilakukan di luar rumah atau di dalam rumah dengan mendirikan tenda, agar lebih seru matikan semua lampu dan nyalakan lampu emergency atau menikmati bintang di langit jika tidak hujan. Wah pasti menarik dan harus dicoba nih!

Urban Framing

Selama di rumah aja banyak hal baru yang harus di coba nih Mampaps, salah satunya urban framing ini bisa menjadi salah satu liburan alternatif bersama keluarga yang menarik. Di mana Mampaps bercocok tanam sendiri dengan menanam buah dan sayur lalu petik hasilnya sendiri juga.

Eksperimen Sains

Sudah pernah membuat eksperimen sains gunung meletus? Atau percobaan merica campur air dan memasukkan jari? Eksperimen sains seperti ini bisa menjadi tips liburan saat pandemi yang bermanfaat nih Mampaps untuk Si Kecil. Yuk, kita coba! Jangan lupa cek referensinya ya, lalu pilih eksperimen yang bahannya mudah ditemukan di rumah.

Makan Bersama

Rindu makan di luar bersama keluarga? Tenang, rumah bisa kok Mampaps sulap jadi restoran yang paling seru dan menarik untuk keluarga. Yuk, ajak Si Kecil untuk masak masakan kesukaan lalu sajikan semenarik mungkin. Atau Mampaps bisa sajikan menu bakar-bakaran di luar rumah, yakin deh suasana ini akan menjadi tips liburan saat pendemi di rumah saja bersama keluarga menjadi seru dan menyenangkan.

Baca Juga: Stres di Rumah Saja Picu Perselisihan Rumah Tangga, Awas Mams!

Tips Liburan Saat Pandemi, Jangan Diabaikan!

sumber gambar: pexels.com

Namun, jika Mampaps dan keluarga tetap memutuskan untuk menghabiskan liburan panjang ini di luar rumah pastikan untuk selalu patuhi protokol Kesehatan selama pandemi ini ya! Nah, berikut beberapa tips liburan saat pandemi yang harus Mampaps perhatikan saat libur panjang:

  • Pastikan kondisi tubuh Mampaps dan Si Kecil sehat untuk melakukan perjalanan.
  • Siapkan perlengkapan seperti hand sanitizer, masker, face shield, tisu kering dan basah, hingga sabun antibakteri.
  • Pilih penginapan yang telah menerapkan panduan new normal.
  • Sebisa mungkin jangan gunakan fasilitas umum seperti kolam renang saat berada di penginapan.
  • Bawa sendok dan garpu sendiri.
  • Awasi kerumunan orang banyak dan tetap jaga jarak
  • Siapkan surat keterangan sehat atau hasil rapid jika bepergian dengan kendaraan umum seperti pesawat, kereta atau kapal laut.

Nah, Mampaps kembali pada keputusan masing-masing untuk keluar rumah ya. Yang paling diutamakan adalah harus tetap memikirkan secara matang dan mempertimbangkan semua risiko yang ada untuk menghabiskan libur panjang saat pandemi ini. Selamat berlibur dan sehat selalu untuk keluarga Indonesia.

The post Tips Liburan Saat Pandemi, Biar Aman di Rumah Aja Yuk! appeared first on Mamapapa.id.