Special Hari Ibu: Stop Mom Shaming, Start Mom Praising bersama Shandy Aulia & Mamapapa.id

Special Hari Ibu: Stop Mom Shaming, Start Mom Praising bersama Shandy Aulia & Mamapapa.id

Selamat Hari Ibu! Hari Ibu adalah momen yang sangat spesial, mengenang perjuangan luar biasa para ibu. Namun dari sekian banyak perjuangan, ternyata masih banyak ibu yang merasa tidak berharga. Hal ini dikarenakan perkataan atau penilaian orang lain cenderung membandingkan, menghakimi atau mempermalukan korban.

Menurut survei yang dilakukan mamapapa.id, sebanyak 84% ibu pernah mengalaminya ibu mempermalukan. Pelaku mom shaming berasal dari orang terdekat, 45,4% mertua, 32,9% teman, 17,4% orang tidak dikenal, dan 4,3% suami sendiri.

Seperti yang dijelaskan oleh Rissa Novria, sebagai Pendiri Bersama mamapapa.id, “Malu sebenarnya dilakukan oleh orang terdekat. Mulai dari menghina dari pola asuh, pemilihan makanan, fisik bayi atau ibu. Padahal yang mereka butuhkan adalah dukungan, bukan celaan,” terangnya.

Tindakan ibu mempermalukan memang sering melukai perasaan ibu. Oleh karena itu, dalam rangka menyambut Hari Ibu, dan sebagai bentuk dukungan kepada para korban, mamapapa.id mengadakan acara diskusi online mengenai ibu mempermalukan.

Mamapapa.id sebagai media dan komunitas orang tua baru, ingin mengajak seluruh ibu-ibu di Indonesia untuk bergerak Hentikan Ibu Malu, Mulailah Memuji Ibu dengan mengikuti rangkaian diskusi online melalui kulwap, live IG, dan juga tentang webinar ibu mempermalukan.

Ibu mempermalukan merupakan masalah yang dialami oleh hampir semua ibu. Tindakan ini terjadi karena pelaku merasa paling berpengalaman, paling berpengetahuan, dan paling benar, sehingga merasa perlu memberikan "nasehat" yang secara sadar atau tidak bisa melukai mental korban. Efek yang dialami korban umumnya adalah rasa malu, bersalah, sehingga merasa dirinya tidak layak menjadi seorang ibu.

Padahal dalam praktiknya, setiap ibu memiliki cara tersendiri dalam mengasuh anaknya. Tidak ada orang tua yang sempurna, tetapi setiap orang tua harus melakukan yang terbaik untuk keluarganya, terutama anak-anaknya.

Tahu Mom Shaming

Ibu mempermalukan adalah perilaku mempermalukan ibu lain dengan mengkritik, membandingkan, menyalahkan, atau menyudutkan. Seolah menjadi seorang ibu adalah kompetisi untuk menunjukkan siapa yang terbaik dan paling benar. Ada beberapa aspek yang biasanya ditentukan, diantara yang lain:

Parenting

"Bagaimana cara memberi makan anak seperti itu?" Kalimat seperti itu adalah satu bentuk ibu mempermalukan parenting. Tingkah laku seperti ini sepertinya menyalahkan cara seorang ibu mengasuh anaknya.

Baca Juga: Biar Bunda Hadapi Tingkah Malu Ibu Berikut!

Metode Persalinan

Biasanya ibu yang memilih cara persalinan Caesar akan mengalami hal tersebut ibu mempermalukan. Pelaku akan mengatakan bahwa ibu yang melahirkan secara caesar bukanlah seorang ibu secara utuh karena tidak merasakan sakitnya persalinan normal. Padahal semua metode persalinan sama baiknya, dan ketulusan seorang ibu tidak bisa dinilai dari cara ia memilih cara persalinan.

Menyusui

Banyak ibu mengalami kesulitan dalam menyusui bayinya pada tahap awal persalinan. Masalahnya biasanya karena ASI yang tidak deras, Si Kecil kurang pandai menyusui dan lain-lain. Masalah seperti ini sering menjadi ajang kritik dari orang lain.

Bentuk fisik

Bentuk fisiknya ibu mempermalukan yang paling sering ditemui. Bisa fisik ibu atau fisik anak. Misalnya, jika ibu bertambah berat badan setelah melahirkan dan dia dikritik "Eh, kenapa kamu gemuk sekarang!" Atau bila si anak lahir dengan kekurangan fisik dan sering mengalami hujatan dari orang-orang di sekitarnya. Tentu saja kata-kata tersebut bisa melukai korbannya.

Baca:  Tak Sembarangan, Ini Makanan MPASI yang Tidak Boleh Diberikan

Perilaku mom shaming ini juga dialami oleh salah satu mom seleb yaitu Shandy Aulia. Nah, jangan langsung beraksi ibu mempermalukan ini kami lakukan untuk ibu-ibu lain, seperti di acara ini, ya!

Pelaku Mom Shaming

Tanpa disadari, kita pun bisa menjadi aktor ibu mempermalukan jika Anda meninjau bentuk tindakan di atas. Namun, seperti data yang sudah dijelaskan, pelaku ibu mempermalukan Persentase terbesar berasal dari keluarga, teman dekat, diikuti oleh orang lain dan komentator di media sosial.

Baca Juga: Hadapi Penyebab Baby Blues Gara-Gara Malu Bunda

Dampak Mom Shaming

Tidak hanya melukai, tindakan ibu mempermalukan Hal ini berdampak buruk pada kondisi psikologis korban.

  • Hal itu menimbulkan kesedihan yang mendalam hingga merasa bersalah atas tuduhan yang dialaminya
  • Kekhawatiran yang tumbuh berlebihan hingga menimbulkan kecemasan
  • Menurunkan rasa percaya diri bahkan menilai diri sendiri sebagai ibu terburuk.

Hentikan Ibu Malu, Mulailah Memuji Ibu

Menilai tindakan ibu mempermalukan Hal ini dilakukan tanpa disadari, bahkan dianggap wajar oleh pelakunya. Jadi, bagi kita yang menyadarinya penting untuk meminimalkan dan menghentikan perilaku ini. Salah satu hal terpenting saat Anda mengalaminya adalah "memaafkan". Terima kekurangan Anda sendiri dan belajarlah untuk melamar mencintai diri sendiri. Kemudian jadilah ibu yang lebih sehat dengan selalu menerapkan pola pikir positif dan meyakini bahwa pola asuh yang kita pilih adalah yang terbaik.

Melalui gerakan "Hentikan Ibu Malu, Mulailah Memuji Ibu", Mamapapa.id mengajak seluruh bunda untuk ikut menyongsong Hari Ibu melalui kegiatan kulwap, live IG, hingga webinar yang mengupas tuntas aksi. ibu mempermalukan. Detail dari rangkaian acara tersebut antara lain:

Kulwap Menyambut Hari Ibu

Selamat Hari Ibu

Judul: Mengenal Mitos dan Masalah Menyusui untuk Menghindari Menyusui-Malu

Pembicara: dr. Pinansia Finska Poetri – Konselor Menyusui & Penggemar Literasi

Tanggal Kegiatan: Kamis, 17 Desember 2020

Waktu Kegiatan: 19.00 – 21.00 WIB

IG Live Sambut Hari Ibu

Judul: Membuat Ibu Malu karena Menjadi Orang Tua? Apa yang dapat saya?

Pembicara: Dessy Ilsanty (@dessyilsanty – Psikolog Keluarga)

Tanggal Kegiatan: Sabtu, 19 Desember 2020

Waktu Kegiatan: 19.00 WIB

Zoom Webinar Online Menyambut Hari Ibu

Judul: Stop Mom Shaming! Penyembuhan dari Perilaku Malu Ibu

Pembicara: Shandy Aulia (Ibu Aktris) dan Raden Prisya (Pelatih Kesejahteraan & Perhatian)

Tanggal Kegiatan: Sabtu, 19 Desember 2020

Waktu Kegiatan: 19.00 WIB

Jangan lewatkan rangkaian acara menyambut Hari Ibu bersama Hentikan Ibu Malu, Mulailah Memuji Ibu ini. JJangan lupa ikuti surveynya ibu mempermalukan ini di sini

Postingan Istimewa Hari Ibu: Hentikan Mum Malu, Mulailah Mum Memuji Bersama Shandy Aulia & Mamapapa.id muncul pertama kali di Mamapapa.id.