Segudang Manfaat Teh Hijau Bagi Kinerja Otak

Apakah Anda termasuk orang yang sering minum teh? Biasanya banyak orang menikmati secangkir teh hangat saat sarapan atau saat bersantai di sore hari. Menyeruput teh hangat memang bisa membangkitkan energi dan menenangkan pikiran sebelum atau sesudah memulai aktivitas.

Salah satu jenis teh yang banyak di gemari adalah teh hijau atau teh hijau. Teh hijau disukai banyak orang karena rasanya yang unik dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kini, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Psychopharmacology menunjukkan bahwa senyawa dalam teh hijau yang dikenal dengan EGCG dapat meningkatkan fungsi otak, terutama daya ingat.

Sering minum teh hijau membantu meningkatkan fungsi otak

Berbeda dengan teh lainnya, teh hijau dibuat dari daun yang tidak teroksidasi sehingga kaya akan antioksidan. Penelitian sebelumnya telah mengaitkan teh dengan banyak manfaat kesehatan seperti mengurangi risiko stroke, penyakit jantung, dan melawan kanker prostat.

Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Rumah Sakit Universitas Basel di Swiss mengatakan teh hijau dapat digunakan sebagai alat pengobatan yang menjanjikan dalam mengobati penyakit kognitif yang terkait dengan gangguan neuropsikiatri, seperti demensia dan Alzheimer.

Dalam studi ini, para peneliti merekrut 12 responden pria sehat dan meminta mereka untuk meminum minuman ringan yang mengandung beberapa gram ekstrak teh hijau sebelum mereka menyelesaikan tugas yang melibatkan kemampuan memori.

Kemudian, para peneliti menganalisis bagaimana teh hijau mempengaruhi aktivitas otak semua responden menggunakan magnetic resonance imaging (MRI). Hasilnya, diketahui bahwa terjadi peningkatan konektivitas antara lobulus parietal superior kanan dan korteks frontal otak. Temuan pelindung saraf juga berkorelasi positif dengan peserta & # 39; meningkatkan kinerja tugas.

Minum teh hijau juga dapat memperbaiki gejala sindrom Down

Dalam studi terbaru yang dilakukan oleh Biological Systems Group di Pusat Koordinasi Genom Spanyol menganalisis potensi EGCG dalam senyawa teh untuk memperbaiki gejala sindrom Down pada 87 orang dengan kondisi tersebut.

Penelitian ini dibagi menjadi dua bagian, satu kelompok diberi pil yang mengandung ekstrak teh selama satu tahun. Sedangkan kelompok lainnya diberi plasebo. Semua peserta juga mendapatkan pelatihan kognitif.

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi pil ekstrak teh mendapat skor yang baik dalam tes memori visual, kemampuan untuk mengontrol respons, dan kemampuan merencanakan atau menghitung. Hasil MRI juga menunjukkan peningkatan konektivitas antara sel saraf dan area otak yang berhubungan dengan bahasa.

Meski begitu, para peneliti menekankan bahwa berdasarkan hasil penelitian ini harus ditinjau ulang dengan melibatkan sampel yang lebih besar untuk mengetahui apakah manfaat teh ini khusus untuk sindroma Down atau memiliki efek yang lebih umum pada penyakit otak.

Para peneliti juga mengatakan bahwa partisipan meminum minuman ringan yang mengandung ekstrak teh hijau, bukan ekstrak teh hijau murni. Hal ini dilakukan untuk menghindari komponen kafein dari ekstrak teh hijau murni yang mungkin berdampak pada kinerja kognitifnya.

Postingan Segudang Manfaat Teh Hijau Untuk Kinerja Otak muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  Penting Bagi Kecantikan Kulit, Yuk Lakukan 5 Ritual Sederhana Ini!