Ribuan Ikan Terdampar di Teluk Penyu Cilacap, Warga Langsung Serbu…

Ribuan Ikan Terdampar di Teluk Penyu Cilacap, Warga Langsung Serbu…
Turtle Bay Cilacap

Solopos.com, SEMARANG – Masyarakat di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jawa Tengah) dikejutkan dengan fenomena banyaknya ikan yang terdampar di Pantai Teluk Penyu.

Fenomena yang terjadi dalam dua hari terakhir, Selasa (5/1/2020) dan Rabu (6/1/2020) siang itu bahkan terekam dalam video dan tersebar di jejaring media sosial, khususnya grup Whatsapp (WA).

Fenomena ini juga menimbulkan kekhawatiran sebagian warga Cilacap. Mereka khawatir fenomena ribuan ikan yang terdampar di Pantai Teluk Penyu ini menjadi pertanda bencana besar seperti tsunami.

"Bukan tanda badai," tulis pengguna akun @dimas_ichsan di Instagram.

Awas tsunami, lanjut akun @mustangin_official.

Pantau Gunung Merapi Langsung, Di Akun Youtube Ini

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Meteorologi Kelas III Tunggul Wulung atau BMKG Cilacap, Taruna Mona Rachman, meminta masyarakat tidak perlu khawatir. Dia menilai fenomena ribuan ikan yang terdampar di Pantai Teluk Penyu itu bukan tanda tsunami.

“Memang saat ini kita sering dikejutkan dengan isu tsunami besar di selatan Laut Jawa. Namun, fenomena ikan terdampar bukanlah bagian dari tanda-tanda tsunami. Biasanya tsunami diawali dengan gempa bumi,” ujar Mona saat dihubungi Solopos.com, Kamis (7/1/2021).

Mona juga meminta masyarakat Cilacap tidak perlu khawatir dan khawatir menanggapi isu tsunami. “Yang penting bagi kami adalah meningkatkan kewaspadaan dan mitigasi bencana. Anda tidak perlu terlalu khawatir, itu akan mengganggu aktivitas Anda,” ujarnya.

Longsor Cukup Parah, JLK Wonogiri Masih Belum Bisa Dilalui

Nelayan yang Dibuang

Mona menambahkan, fenomena ribuan ikan terdampar di pantai sebenarnya adalah hal yang lumrah, seperti yang terjadi di Pantai Teluk Penyu, Cilacap. Fenomena ini biasanya disebabkan oleh tingginya gelombang laut yang membuat ikan-ikan kecil sering berdatangan ke pantai.

Baca:  Perpanjang PPKM Mikro Dipastikan Berdampak ke Pariwisata Jateng

"Atau bisa juga ikannya dikejar ikan predator sampai menepi. Tiba-tiba ombak laut tinggi dan tersapu ke darat. Tapi yang pasti kita tidak tahu pasti," dia berkata.

Diwarnai kericuhan, Pencuri Penganiaya di Glodogan Klaten Dihukum 3 Bulan 15 Hari

Sementara itu, Kepala Pusat Data dan Informasi BMKG Jawa Tengah, Iis Widya Harmoko, mengakui ada beberapa analisis penyebab ribuan ikan terdampar di pesisir Teluk Penyu, Cilacap.

Analisis pertama, kemungkinan ada angin puting beliung di laut atau semburan air yang menyedot air dan ikan-ikan terhempas ke tempat lain. Selain itu, bisa juga akibat gempa bumi yang menyebabkan air laut surut, "tambah Iis.

Namun, kata Iis, tidak ada gempa bumi di Cilacap dalam beberapa hari terakhir. Selain itu, lokasi ikan terdampar juga terjadi di satu lokasi.
“Jadi ada kemungkinan ikan tersebut sengaja dibuang oleh nelayan karena hasil tangkapannya kurang produktif,” kata Iis.

Postingan Ribuan Ikan Terdampar di Teluk Penyu Cilacap, Warga Langsung Serang… muncul pertama kali di Solopos.com.