Presiden Jokowi Teken PP Kebiri Kimia, Ini Tanggapan Warganet

Presiden Jokowi Teken PP Kebiri Kimia, Ini Tanggapan Warganet

Hari keempat Januari 2021, dibuka dengan berita dari Presiden Joko Widodo yang telah resmi menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pelaksanaan Kebiri Kimia, Pemasangan Alat Deteksi Elektronik, Rehabilitasi, dan Pengumuman Identitas Pelaku Seksual. Kekerasan terhadap Anak.

Tentu keputusan ini ditanggapi berbagai warga. Bagaimana prosedurnya dan bagaimana tanggapan netizen terhadap aturan ini?

1. Peraturan ini merupakan amandemen dari yang sudah ada

Presiden Jokowi Tandatangani PP Kebiri Kimia, Ini Tanggapan Warganet

PP yang ditandatangani Jokowi pada 7 Desember 2020 tersebut merupakan turunan dari Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan anak.

"Yakni mengatasi kekerasan seksual terhadap anak, memberikan efek jera pada pelaku, dan mencegah kekerasan seksual terhadap anak," Berikut bunyi PP Nomor 70 Tahun 2020 seperti dikutip dari IDNTimes.com, Minggu (3/1/2021).

2. Peraturan tersebut juga menyebutkan tiga kriteria kebiri kimia

Presiden Jokowi Tandatangani PP Kebiri Kimia, Ini Tanggapan Warganet

Tidak hanya soal hukuman, dalam PP No. 70 Tahun 2020 juga mengatur kriteria penerima hukuman kebiri kimia. Pertama, pelaku kekerasan seksual terhadap anak.

Kedua, pelaku tindak pidana persetubuhan dengan anak dengan kekerasan atau ancaman kekerasan seksual memaksa anak tersebut untuk bersetubuh dengan dirinya atau orang lain (pelaku persetubuhan).

Ketiga, pelaku tindak pidana perbuatan cabul terhadap anak dengan kekerasan atau ancaman kekerasan seksual, pemaksaan, penipuan, serangkaian kebohongan, atau membujuk anak untuk melakukan atau membiarkan perbuatan seksual yang amoral (percabulan).

3. Respon warganet terhadap hukuman kebiri kimia

Presiden Jokowi Tandatangani PP Kebiri Kimia, Ini Tanggapan Warganet

Setiap keputusan yang diambil pemerintah tentu saja menimbulkan perdebatan di kalangan netizen. Ada yang setuju dengan keputusan itu, ada yang menentang.

Seperti apa komentar netizen tersebut? Berikut ini beberapa di antaranya.

Baca:  Solopos Hari Ini: Memburuk di Akhir Tahun

Dalam tweetnya, akun Bhagavad Sambadha menyebutkan bahwa pemerkosaan bukan hanya masalah seksual. Ini juga masalah pikiran. Ia berpendapat bahwa kebiri kimia tidak menyelesaikan masalah, tetapi malah menambah masalah

Akun @Rhadfajrin juga tidak setuju dengan kalimat ini. Menurutnya, hukuman kebiri kimia tidak manusiawi dan tidak direkomendasikan oleh IDI

Jika akun @Reiyanrabu setuju dengan penalti ini. Bahkan, dia menyarankan kebiri tanpa menggunakan bahan kimia karena biayanya lebih mahal

Akun @ Ur7thsins juga setuju dengan penalti ini. Walaupun kemungkinan untuk memiliki efek jera pada aktor lain sangat kecil, hal ini bisa sangat efektif bagi aktor yang bersangkutan

Terlepas dari kontroversi disetujui atau tidak hukuman ini, pemerintah telah meresmikannya. Artinya, hukuman ini akan segera dilaksanakan. Sebagai warga negara kita harus terus mengawal regulasi ini agar bisa berjalan dengan baik.

Diharapkan dengan adanya aturan ini, angka kekerasan seksual terhadap anak dapat ditekan dan memberikan efek jera bagi pelakunya.