Panduan Pola Makan untuk Penyakit Radang Pankreas (Pankreatitis)

Pankreatitis terjadi ketika pankreas meradang. Saat pankreas sedang meradang, Anda perlu memperhatikan pola makan yang tepat agar gejala penyakitnya tidak semakin parah. Makanan apa yang tepat untuk pankreatitis?

Apa hubungan antara pankreas dan makanan?

Transplantasi dan pankreas buatan

Organ pankreas memiliki fungsi yang sangat erat dengan sistem pencernaan. Jika pankreas bermasalah, proses pencernaan di dalam tubuh pasti terganggu.

Pankreas yang sehat berperan menghasilkan enzim dan hormon yang dibutuhkan untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dengan adanya hormon dan enzim dari pankreas maka nutrisi akan terserap dengan baik.

Jika terjadi peradangan, organ ini harus bekerja lebih keras lagi untuk menghasilkan enzim dan hormon tersebut. Sebab, enzim dan hormon yang diproduksi tidak akan berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, orang yang mengalami radang pankreas sangat disarankan untuk mengatur pola makan yang tepat guna mengurangi beban kerja pankreas.

Makanan apa untuk pankreatitis yang direkomendasikan?

Untuk mengurangi beban kerja pankreas yang meradang, pada intinya Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya protein, rendah lemak, dan makanan tinggi antioksidan. Berikut daftarnya.

  • Daging tanpa kulit (dan tanpa lemak).
  • Gila.
  • Sayuran hijau seperti bayam dilengkapi dengan sayuran berwarna cerah yang kaya antioksidan seperti tomat, wortel, dan terong. Sayuran harus disajikan dengan kaldu bening.
  • Buah-buahan seperti antioksidan tinggi bluberi, stroberi, anggur, mangga, dan delima.
  • Susu rendah lemak atau alternatif susu seperti jus almond dan kedelai.

Makanan ini akan meringankan kerja pankreas. Sayur dan buah kaya antioksidan juga membantu melindungi sistem pencernaan dari radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh.

Jika pasien pankreatitis menginginkan makanan manis, pilihlah buah segar daripada makanan yang mengandung gula tambahan. Ini karena penderita pankreatitis memiliki risiko tinggi terkena diabetes melitus.

5 Cara Efektif Mencegah Pankreatitis agar Tubuh Tetap Sehat dan Aktif

Makanan apa yang harus Anda hindari?

Selain mengetahui apa yang harus dikonsumsi untuk penderita pankreatitis, Anda juga perlu mengetahui apa saja yang pantangan dikonsumsi. Daftarnya ada di bawah.

  • Daging merah berlemak.
  • Jeroan.
  • Goreng.
  • Mayones.
  • Margarin dan mentega.
  • Produk susu tinggi lemak.
  • Minuman atau makanan dengan tambahan gula.
Baca:  Sebenarnya, Bolehkah Beli Obat-obatan dari Aplikasi Online?

Asupa di atas sebaiknya dihindari untuk mengurangi beban kerja pankreas agar tidak memperparah peradangan yang terjadi. Pasalnya, makanan tersebut mengandung lemak yang cukup tinggi.

Semakin tinggi lemaknya, semakin banyak enzim pencernaan yang dibutuhkan untuk memecahnya. Sedangkan kondisi pankreas tidak mampu memproduksi enzim seperti saat dalam keadaan sehat akibat peradangan.

Selain itu, makanan untuk pankreatitis yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang banyak mengandung gula tambahan, seperti permen dan es krim.

Tingginya kadar gula tambahan yang masuk ke dalam tubuh membutuhkan hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas untuk menjaga kadar gula darah. Akan tetapi, produksi hormon insulin terganggu saat penderita menderita pankreatitis.

Oleh karena itu, minuman manis atau makanan dengan tambahan gula tidak dianjurkan sebagai makanan untuk pankreatitis.

7 Hormon Yang Mempengaruhi Sistem Pencernaan Anda

Tips mengatur pola makan untuk pankreatitis

Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur pola makan bagi penderita radang pankreas (pankreatitis).

  • Makanlah dalam porsi kecil sebanyak 6-8 kali sehari untuk membantu memulihkan pankreas. Makan dalam porsi kecil dan sering lebih mudah dicerna daripada makan dalam porsi besar 2-3 kali sehari.
  • Hindari makan terlalu banyak serat sekaligus, karena bisa memperlambat pencernaan. Selain itu, asupan serat harus diimbangi dengan jumlah enzim pencernaan yang cukup agar semua nutrisi terserap secara optimal. Namun, bila Anda mengalami radang pankreas, jumlah enzim yang dilepaskan menjadi terbatas dan kurang efektif. Oleh karena itu, makanan berserat tinggi sebaiknya dimakan dalam porsi kecil untuk memberikan istirahat bagi pankreas untuk memproduksi enzim.
  • Konsumsi suplemen multivitamin agar Anda mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan. Apalagi bagi penderita pankreatitis kronis. Anda berisiko kekurangan kalsium, zat besi, folat, vitamin E, vitamin A, vitamin D, dan vitamin B12. Sehingga perlu dilakukan pengecekan secara rutin apakah terjadi kekurangan zat gizi dan apakah memerlukan suplemen khusus.
  • Perbanyak minum di dalam tubuh dengan banyak minum. Jangan lupa, hindari alkohol dan kafein yang bisa membuat Anda banyak membuang cairan tubuh.

Posting Panduan Diet untuk Penyakit Pankreas Inflamasi (Pankreatitis) muncul pertama kali di Hello Sehat.