Operasi Lilin 2020, Satlantas Polres Klaten Fokus Tegakkan Protokol Kesehatan

Operasi Lilin 2020, Satlantas Polres Klaten Fokus Tegakkan Protokol Kesehatan

Solopos.com, KLATEN – Satlantas Polres Klaten akan melaksanakan Operasi Lilin 2020 pada 21 Desember 2020-4 Januari 2021. Selama Operasi Lilin, polisi fokus mengajak pengendara untuk patuh pada tata tertib kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Kasatlantas Polres Klaten AKP Bobby Anugrah Rachman mewakili Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu mengatakan jumlah personel yang dikerahkan selama Operasi Lilin mencapai 152 orang. Ini termasuk 30 anggota yang tergabung dalam tiga tim pengurai lalu lintas di Jalan Solo-Jogja.

“Operasi Lilin itu operasi kemanusiaan. Nanti anggotanya fokus pengamanan masyarakat. Di sini kita fokus pada tata tertib kesehatan saat pandemi Covid-19,” ujarnya. Solopos.com, Kamis (17/12/2020).

Viral Aksi Heroik Warga untuk Menyelamatkan Anak-anak yang Hanyut di Sungai

Protokol kesehatan tersebut antara lain memakai masker saat mengemudi, menghindari keramaian, dan lainnya. Menurutnya, disiplin mematuhi protokol kesehatan menjadi kunci utama pencegahan penyebaran virus corona.

Lebih lanjut, AKP Bobby Anugrah Rachman mengimbau warga Klaten tetap tinggal tinggal di rumah selama liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Anggota akan secara aktif mengimbau masyarakat agar tetap di rumah. Kami berharap tidak ada cluster Covid-19. Nanti, kami juga akan menindak tegas pengendara yang mengemudikan konvoi di jalanan,” ujarnya.

Tiga Titik Pos Keamanan

Kasatlantas mengatakan pemantauan selama Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 akan difokuskan pada tiga titik pos pengamanan (pospam). Masing-masing terletak di Delanggu, Lapangan Klaten, dan Prambanan.

“Kalau memang ada arus padat, itu akan segera diurai oleh tim pengurai,” ujarnya.

Komnas HAM Temukan Perbedaan Foto Jenazah FPI Laskar

Secara terpisah, Koordinator Penatalaksanaan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan kedisiplinan dalam mematuhi protokol kesehatan sangat penting bagi seluruh elemen masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Baca:  Bawaslu bubarkan 48 kampanye langgar protokol kesehatan

“Kami mengimbau warga agar tetap di rumah. Jika terpaksa keluar rumah wajib memakai masker, menghindari keramaian, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Ini buruk! Perampok Bersenjata Satroni Alfamart di Jalan Solo-Sragen, Kebakkramat, Puluhan Juta Rupiah Diambil

Pasca Bedah Lilin 2020, Satuan Lalu Lintas Polres Klaten Berfokus pada Penegakan Protokol Kesehatan tampil pertama kali di Solopos.com.