Mengajarkan 6 Rukun Iman Kepada Anak Agar Mudah Dipahami

Mengajarkan 6 Rukun Iman Kepada Anak Agar Mudah Dipahami

Sebagai seorang muslim, rukun keimanan merupakan pondasi keyakinan yang harus dipercaya. Rukun di sini dapat diartikan sebagai tiang atau tiang, dan iman berarti amanah. Jadi, rukun yang harus dipercaya, yang harus kita yakini dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari adalah rukun iman.

Untuk itu penting bagi kita mendidik anak sejak dini. Salah satunya dengan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh nyata yang dilihat oleh Si Kecil.

6 Definisi Pilar Keyakinan untuk Anak-anak dan Cara Memahaminya

Mengajar dan mengamalkan rukun keimanan dan nilai-nilai agama sejak usia muda agar tenang dan dewasa dalam menyelesaikan masalah di kemudian hari.

Kenapa sejak kecil? Karena pada usia inilah anak lebih mudah menerima hal-hal yang diyakini melalui stimulasi dan apa yang dilihatnya.

Baca Juga: 7 Cara Mengajar Nilai Religi pada Anak

Sebagaimana kita ketahui, ada 6 rukun keimanan dan hal tersebut telah dijelaskan dalam Al-Qur'an dalam Surat Al-Baqarah ayat 177, Allah SWT berfirman:

ليس البران تولوا وجوهكم قبل المشرق والمغرب ولكن البر من امن بالله واليوم الاخر والملىكة والكتب والنبين واتى المال على حبه ذوى القربى واليتمى والمسكين وابن السبيل والساىلين وفى الرقاب واقام الصلوة واتى الزكوة والموفون بعهدهم اذا عاهدوا والصبرين فى البأساء والضراء وحين البأس اولىك الذين صدقوا واولىك هم المتقون – ١٧٧

Yang artinya:

Kebajikan tidak memalingkan wajah Anda ke timur dan ke barat, tetapi kebajikan adalah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, Hari Akhir, malaikat, kitab, dan nabi dan memberikan orang yang mereka cintai kepada kerabat, anak yatim, orang miskin, orang yang bepergian (musafir), pengemis, dan membebaskan budak, yang berdoa dan membayar zakat, orang yang menepati janji ketika dijanjikan, dan orang yang sabar dalam membutuhkan, menderita dan di saat perang. Merekalah orang-orang yang benar, dan merekalah orang-orang yang saleh (Al Baqarah: 177).

Lalu, bagaimana cara mengajarkan Pilar Keyakinan kepada anak-anak? Yuk kita bahas Mampaps satu persatu.

Keyakinan kepada Allah

Sumber gambar: almadinainstitute.org

Meyakini dan meyakini bahwa Allah SWT itu ada tanpa diragukan lagi merupakan makna dari Rukun Iman yang pertama yaitu Iman kepada Allah.

Dengan beriman kepada Allah, kita harus percaya pada nama-nama Allah atau Asmaul Husna dan atributnya. Allah adalah zat yang sempurna dan jauh dari sifat kekurangan.

Bagaimana Anak Memahami Rukun Iman: Iman kepada Allah

Mampaps dapat menjelaskan kepada anak Anda tentang nama-nama Allah dan atributnya, dengan mengajak si kecil untuk memahami maknanya. Misalnya, Allah Maha Melihat Dia tahu apa yang kita lakukan meskipun kita melakukannya secara rahasia.

Tidak hanya itu, Mampaps juga dapat menjelaskan bahwa Iman kepada Allah meliputi beberapa hal, yaitu:

  • Allah SWT adalah Satu atau satu dan ada tanpa sesuatu yang lain untuk menahannya.
  • Satu-satunya Tuhan yang harus kita sembah, tidak ada yang harus kita sembah selain Allah SWT.
  • Allah SWT adalah Rabb (pemelihara semua alam).
  • Pemilik alam semesta adalah Allah SWT yang memiliki kewenangan mutlak untuk mengaturnya.

Menjelaskan kepada si kecil apa yang kita lihat dan ajarkan padanya, tentunya si kecil juga akan mengerti bahwa mereka ada karena ciptaan Allah SWT.

Keyakinan pada Malaikat

Allah SWT menciptakan malaikat dengan tugasnya dan kita sebagai Muslim harus percaya pada Rukun Iman yang kedua ini, yaitu Iman kepada Malaikat. Allah SWT menciptakan malaikat dari cahaya (nur) dan bersifat supranatural. Para malaikat Allah sangat patuh dan taat pada perintah-Nya, dan tidak pernah berbohong kepada Allah SWT.

Baca Juga: Mengajar Disiplin kepada Anak-Anak! Penting untuk melakukannya sedini mungkin

Bagaimana Anak-Anak Memahami Pilar Iman: Iman pada Malaikat

Agar si kecil bisa memahami rukun iman yang kedua ini, Mampaps bisa memulainya dengan mengenal nama-nama bidadari dan tugasnya kepada si kecil. Ada 10 bidadari yang wajib kamu ketahui, diantaranya:

  • Jibril bertugas menyampaikan wahyu
  • Mikail bertugas memberikan rezeki
  • Israfil bertugas meniup terompet
  • Izrail bertugas mengambil nyawa
  • Munkar bertanya pada roh di alam kuburan
  • Nakir bertugas mempertanyakan roh di kuburan
  • Raqib bertugas mencatat perbuatan baik manusia
  • Atid bertugas mencatat perbuatan buruk manusia
  • Malik bertugas menjaga gerbang neraka
  • Ridwan bertugas menjaga pintu surga
Baca:  Liburan Juga Bisa Bikin Stres dan Cemas Pada Anak, Lho!

Dengan mengenal nama-nama malaikat Allah SWT beserta tugas-tugasnya, Mampaps dapat mengajari si kecil untuk tetap berbuat baik dan mengucapkan kata-kata sopan kepada siapapun. Karena apapun yang kita lakukan, baik dan buruk akan selalu terekam dan diketahui oleh Allah SWT dan malaikat-Nya.

Percaya pada Kitab Allah SWT

Allah SWT menyampaikan wahyu kepada para rasulnya, untuk disampaikan kepada manusia sebagai pedoman dan pedoman hidup agar dapat bertahan hidup di dunia dan akhirat. Adapun kitab-kitab yang diturunkan oleh Allah SWT antara lain:

  • Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud AS
  • Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa AS
  • Injil yang diwahyukan kepada Nabi Isa AS, dan
  • Al-Quran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW

Al-Quran adalah kitab terakhir dan pelengkap dari kitab-kitab sebelumnya yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad dan menjadi pedoman bagi seluruh umat Islam dimanapun berada.

Bagaimana Anak-Anak Memahami Rukun Keyakinan: Keyakinan pada Buku-buku Allah

Agar si kecil paham rukun iman yang ketiga ini, Mampaps bisa mengajak si kecil untuk belajar mengaji dan memahami isi Alquran serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ingatkan si kecil, Al-Quran adalah panduan kami untuk menyelamatkan dunia dan akhirat.

Percaya pada Nabi dan Rasulullah

Allah telah mengutus 25 nabi dan rasul untuk menyampaikan wahyu kepada umat manusia. Meskipun masa nabi dan rasul telah berakhir pada masa Rasulullah SAW, namun kita sebagai umat Islam harus percaya pada Rukun Iman yang keempat ini.

Bagaimana Anak Memahami Rukun Iman: Iman kepada Nabi dan Rasulullah

Mampaps dapat menceritakan dan memperkenalkan si kecil tentang kisah perjalanan 25 nabi dan rasul Allah SWT kepada si kecil, ketika nabi dan rasul berperang di jalan Allah. Nah dari cerita-cerita tersebut Mampaps bisa mengajak si kecil untuk beriman, mencontoh dan menjalani hidup sesuai syariah yang telah diperjuangkan oleh para nabi dan rasul Allah SWT.

Iman di Hari Akhir

Akan datang suatu hari ketika seluruh alam semesta hancur dan kehidupan di akhirat menunggu ketika kita sebagai manusia akan bertanggung jawab atas apa yang telah kita lakukan di dunia. Hari Kebangkitan adalah Rukun Iman yang kelima dan kita harus percaya bahwa harinya akan datang nanti, dalam Al-Quran Allah SWT telah berfirman dalam Surah Al-A'raf (197) yang tidak ada yang tahu kapan Hari Kiamat. Penghakiman akan datang, kecuali Allah SWT.

Bagaimana Anak-Anak Memahami Pilar Iman: Memiliki Iman di Akhir Zaman

Hidup sesuai dengan hukum Islam adalah salah satu cara Mampaps untuk mengajarkan si kecil memahami rukun keimanan yang kelima. Tetap ingatkan si kecil, bahwa Allah bisa kapan saja menentukan Hari Kiamat, jadi tetap patuhi semua perintah Allah dan jauhkan semua pantangan, agar keselamatan diberikan di Hari Kiamat.

Keyakinan dalam Qada dan Qadar

Sumber gambar: freepik.com

Allah SWT memiliki kemauan, tekad, dan keputusan untuk semua makhluk-Nya dan kita sebagai Muslim harus mempercayainya. Inilah arti dari Pilar Iman keenam. Qada memiliki arti hukum, ketentuan dan kehendak Allah sedangkan Qadar adalah ketentuan atau kepastian dari Allah SWT.

Bagaimana Anak-Anak Memahami Rukun Keyakinan: Keyakinan dalam Qada dan Qadar

Mengajarkan rasa syukur dan syukur kepada Allah atas apa yang telah diperoleh dan diberikan merupakan salah satu cara si kecil memahami Qada dan Qadar. Selain itu, Mampaps juga perlu mendidik anak untuk rendah hati bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah ketetapan Allah SWT, selalu bersabar, dan juga tawakal.

Baca Juga: Mengajar Anak Tentang Kebaikan? Ayo mulai dari sekarang!

Mengajar si kecil untuk memahami dan percaya pada Rukun Iman adalah tugas Mampaps, karena dia akan belajar memahami Islam. Semoga bermanfaat.

Postingan Ajaran 6 Rukun Keyakinan Anak Agar Mudah Dipahami muncul pertama kali di Mamapapa.id.