Manfaat Clover Honey untuk Kesehatan Anak

sumber: KUMPARAN.jpg

Madu merupakan suplemen alami yang memiliki banyak manfaat. Produk yang satu ini biasanya diproduksi secara alami oleh lebah. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun senang mengonsumsi madu karena rasanya yang manis. Madu memiliki jenis yang bermacam-macam, tergantung dari aroma, rasa dan warnanya yang sangat bervariasi. Salah satu jenis madu yang saat ini disukai oleh Mama clover honey. Pasalnya, manfaat madu semanggi untuk tubuh sangatlah banyak.

Sebenarnya, apa itu madu semanggi? Apa yang membuatnya berbeda dari madu lainnya? Apa manfaat madu semanggi ini? Yuk kupas sampai bersih ya Bu!

Apa Itu Clover Honey?

Umumnya madu dipanen dari sarang lebah, hal ini berbeda dengan madu semanggi. Madu semanggi adalah madu yang berasal dari tanaman semaggi atau tanaman semanggi. Agak berbeda dengan madu lebah yang warnanya agak kecoklatan, madu kemanggi itu memiliki warna kuning cerah. Berbicara soal rasa, madu semanggi memiliki aroma tumbuhan yang khas dan rasa yang manis. Saat ini sedang ramai diperbincangkan karena manfaat madu semanggi yang sangat bermanfaat untuk tubuh si kecil.

Madu semanggi mengandung nutrisi yang sangat penting bagi tubuh, seperti protein berupa asam amino, vitamin, zat besi, magnesium, kalium, seng, asam fenolat, mineral, enzim, dan kandungan utamanya adalah gula. Tak heran jika madu semanggi sering digunakan sebagai pemanis pengganti makanan yang dibuat untuk anak-anak.

Dalam satu sendok makan (sdm), madu semanggi mengandung 17 gram karbohidrat, yang bila diubah menjadi kalori menjadi +68 kilo kalori (kkal). Konon, madu semanggi tidak melalui proses pemanasan atau pasteurisasi sehingga nutrisi penting yang dimilikinya tetap terjaga.

Baca Juga: Mama Wajib Tahu: 7 Khasiat Madu untuk Kesehatan Anak

Manfaat Madu Semanggi untuk Kesehatan Anak

perbedaan antara virus corona dan flu biasa

Sebelum memutuskan untuk membelinya, Bunda harus mengetahui manfaat madu semanggi untuk kesehatan buah hati berikut ini.

Meredakan Batuk

Madu semanggi memiliki khasiat antivirus, antibakteri dan anti inflamasi, sehingga bisa meredakan batuk yang dialami si kecil.

Baca Juga: Madu, Obat Batuk Alami Untuk Anak

Menyembuhkan Luka dan Masalah Kulit

Sifat anti peradangannya membuat madu semanggi memiliki manfaat dalam mempercepat pertumbuhan jaringan kulit baru dan dapat membantu dalam membersihkan luka. Madu semanggi juga dipercaya dapat meredakan gejala eksim atau dermatitis dan mengobati infeksi bakteri pada kulit.

Baca:  Tips Liburan Saat Pandemi, Biar Aman di Rumah Aja Yuk!

Mencegah Stres Oksidatif

Stres oksidatif dapat menyebabkan berbagai penyakit serius, seperti kanker, penyakit jantung, atau penyakit hati. Kandungan polifenol dalam madu semanggi dipercaya dapat mencegah stres oksidatif, karena polifenol merupakan salah satu jenis antioksidan.

Tingkatkan Daya Tahan

Memiliki sifat antibakteri yang sebagian besar berasal dari hidrogen peroksida sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sistem imun atau sistem imun tubuh nantinya dapat membantu tubuh melawan benda asing yang berusaha menyerang tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan flavonoid dan asam fenolik pada madu clover membuat madu jenis ini memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan. Selain menjaga kesehatan jantung, manfaat madu semanggi juga dapat menstabilkan kadar kolesterol darah.

Meredakan Masalah Pencernaan

Dilansir dari alodokter.com bahwa mengonsumsi 1-2 sendok teh madu dapat membantu meredakan masalah pencernaan seperti maag dan diare. Kandungan gula pada madu berperan sebagai prebiotik yang dapat membantu pertumbuhan bakteri baik, sehingga manfaat madu semanggi dapat memperbaiki sistem pencernaan.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Meski memiliki rasa yang sangat manis, namun manfaat madu semanggi sebenarnya adalah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut lho, Bu. Komponen anti inflamasi, antibakteri dan antioksidannya dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada gigi dan gusi. Tak hanya itu, rutin mengonsumsi madu semanggi juga dapat mencegah pembentukan plak pada gigi.

Meredakan Gejala Flu

Manfaat madu semanggi sebagai pereda gejala flu dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh pada seseorang yang mengalami gejala flu. Bunda bisa mengaplikasikannya dengan menambahkan 1-2 sendok teh ke dalam satu gelas teh hangat, lalu berikan kepada si kecil yang mengalami gejala flu.

Baca Juga: Madu, Obat Batuk Alami untuk Anak

Itulah ulasan tentang manfaat madu semanggi. Apakah semakin yakin untuk memberikannya kepada Si Kecil, Bu?

Postingan Manfaat Madu Semanggi untuk Kesehatan Anak muncul pertama kali di Mamapapa.id.