Mampaps, ini Dia Manfaat Biotin untuk Kesehatan

Mampaps, ini Dia Manfaat Biotin untuk Kesehatan

Biotin merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan dan penting untuk tubuh. Manfaat biotin bisa bermacam-macam, mulai dari menjaga kadar gula darah tetap stabil hingga memelihara kesehatan rambut. Beberapa Mampaps mungkin sudah familiar dengan biotin dan tahu apa saja manfaatnya untuk tubuh sedangkan sebagian yang lain mungkin tidak tahu manfaat biotin, bahkan belum pernah tahu apa itu biotin?

Buat mampaps yang penasaran, apa itu biotin? Sepenting apakah biotin untuk tubuh kita? Yuk disimak ulasan berikut ini.

Apa itu Biotin?

sumber gambar: medicalnewstoday.com

Biotin bisa disebut juga vitamin B7 atau vitamin H merupakan salah satu bagian dari vitamin B kompleks yang memiliki peran penting pada tubuh. Biotin adalah vitamin yang larut dalam air.

Biotin tidak dapat diproduksi sendiri oleh manusia. Namun, biotin bisa diproduksi oleh bakteri baik di dalam tubuh manusia. Vitamin jenis ini akan membantu tubuh untuk memetabolisme lemak, karbohidrat, dan protein. Karena larut dalam air, vitamin ini tidak disimpan dalam tubuh. Dan ekskerikan setiap hari. Maka dari itu, asupan harian akan vitamin ini sangat diperlukan.

Manfaat Biotin untuk Kesehatan

sumber gambar: nourishedlife.com.au

Mengatasi Rambut Rontok Dan Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Biotin bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Biotin juga disebut dapat menebalkan dan membuat rambut lebih berkilau, mencegah kerontokan rambut serta dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

Beberapa penelitian menunjukkan manfaat biotin untuk mencegah kerontokan rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut. Bagi Mampaps yang membutuhkan suplemen atau vitamin untuk rambut, yang mengandung biotin bisa menjadi referensi.

Memelihara Kesehatan Kuku

Bagi para Mams yang pengen selalu tampil cantik dengan kuku cantik, kuku rapuh dan gampang patah adalah masalah! Untuk mengatasi nya mengkonsumsi makanan dan suplemen mengandung biotin bisa menjadi solusi. Biotin dapat mendukung pertumbuhan jaringan kuku dan menjaganya agar tetap kuat.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui

sumber gambar: safefood.net

Selama kehamilan dan menyusui  para Mams pasti membutuhkan banyak asupan nutrisi salah satunya yaitu biotin. Bagi ibu hamil biotin berfungsi untuk mengurangi resiko cacat bawaan lahir atau kelainan kongenital dan resiko berat badan janin lahir rendah. Sedangkan bagi ibu menyusui berfungsi untuk membantu metabolisme dalam tubuh. Oleh karena itu dokter akan menganjurkan wanita hamil untuk mengonsumsi makanan yang tinggi biotin untuk pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Kendati penting, jangan sembarangan minum suplemen biotin karena bisa memengaruhi janin. Pastikan Mams yang hamil dan menyusui berkonsultasi ke dokter untuk pemenuhan biotin.

Baca:  Kenapa Vitamin D Sangat Penting Untuk Anak dan Produk Rekomendasinya

Menstabilkan Gula Darah

Biotin dapat juga menjaga gula darah tetap stabil pada penderita diabetes. Ini karena biotin dapat membantu mencerna zat gizi dalam tubuh dan membantu kerja insulin. . Beberapa studi pun membuktikan bahwa asupan biotin yang tercukupi dapat mencegah terjadi diabetes.

Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Selain baik untuk mencegah dan mengontrol penyakit diabetes, asupan biotin yang disertai dengan pola makan dan gaya hidup sehat juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL). Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat biotin yang satu ini.

Mengobati Multiple Sclerosis

Penelitian telah menemukan bahwa terapi biotin dosis tinggi dapat membantu memperbaiki gejala multiple sclerosis. Ini adalah penyakit autoimun yang memengaruhi sistem saraf, yang menyebabkan kelemahan otot dan berbagai masalah lainnya.

Dalam penelitian tersebut, gejala multiple sclerosis dapat berkurang dengan melakukan terapi biotin dosis tinggi, yang diminum tiga kali sehari.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kekurangan biotin dapat menyebabkan kulit gampang kemerahan dan mengalami ruam. Beberapa penderita penyakit psoriasis yakni penyakit kulit yang menyebabkan kulit bersisik dan gatal menyebutkan kondisi kulitnya lebih baik setelah mengkonsumsi asupan kaya biotin.

Namun sampai saat ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa biotin dapat meningkatkan kesehatan kulit pada orang yang tidak mengalami kekurangan biotin. Kesimpulannya, manfaat biotin ini hanya ampuh jika dikonsumsi oleh orang dengan tubuh yang benar-benar kekurangan biotin. 

Bahan Makanan Yang Mengandung Biotin

sumber gambar: philipkingsley.com

Bagi Mampaps yang ingin memenuhi kebutuhan biotin sehari-hari dan penasaran apa saja bahan makanan yang mengandung biotin yuk disimak satu persatu:

  • Hati dan daging sapi
  • Kuning telur
  • Kacang-kacangan, seperti kacang almond, kacang tanah, kacang kedelai
  • Alpukat
  • Ikan salmon
  • Susu dan produk olahannya
  • Sayuran hijau
  • Ubi
  • Ragi
  • Jamur
  • Tiram

Orang dewasa disarankan untuk memenuhi asupan biotin sehari-hari sekitar 30-100 mikrogram. dari makanan biasanya kebutuhan biotin ini sudah tercukupi, sehingga Mampaps tidak perlu mengkonsumsi suplemen yang mengandung biotin. karena jika Mampaps mengkonsumsi biotin berlebih dari asupan yang disarankan maka tidak akan baik efeknya bagi tubuh.

The post Mampaps, ini Dia Manfaat Biotin untuk Kesehatan appeared first on Mamapapa.id.