Makanan yang Sudah Dihinggapi Lalat, Apa Masih Boleh Dimakan?

Kebanyakan orang mungkin sudah mengetahui dan mengerti bahwa lalat adalah pembawa penyakit. Namun, masih ada sebagian yang cuek saja memakan makanan yang dimakan lalat. Ada juga yang hanya membuang sebagian dari makanan yang dimakan lalat. Sebenarnya, bisakah kita makan makanan saat lalat diserang?

Makanan sudah penuh lalat, apakah masih layak dimakan?

Hampir semua orang tahu bahwa lalat adalah pembawa penyakit dan hewan yang suka hinggap di tempat yang kotor. Namun, banyak yang tidak menyadari bahaya sebenarnya dari kontaminasi makanan akibat "kunjungan" lalat meski hanya sepersekian detik.

Menurut ahli serangga, meski banyak orang yang lebih jijik dengan kecoa, ternyata lalat lebih kotor daripada kecoa. Nyatanya, 1 lalat dapat membawa lebih dari 300 jenis virus, bakteri dan parasit penyebab penyakit. Beberapa contoh kuman yang menempel pada lalat saat berhenti di piring makan siang Anda meliputi:

  • E.colli
  • Helicobacter pylori
  • Salmonella
  • Rotavirus
  • Virus hepatitis A.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menyatakan bahwa banyak penyakit bawaan makanan yang ditularkan oleh lalat, seperti:

  • Disentri
  • Diare
  • Demam tifoid atau tifus
  • Kolera
  • Infeksi mata
  • Infeksi kulit

Sebagian besar bakteri dan kuman berada di sayap dan kaki lalat. Jadi, hanya dengan 1-2 detik per item, makanan Anda sudah terkontaminasi kuman.

Meski kuman hanya bisa bertahan beberapa jam di atas permukaan makanan, jika langsung dimakan, kuman bisa dengan cepat berkembang biak di dalam tubuh dan menyebabkan infeksi.

Tidak hanya itu. Satu lalat di atas makanan Anda juga cukup untuk membuat Anda sakit. Jadi, tidak perlu menunggu koloni lalat mengerumuni makanan Anda. Kami menganjurkan agar Anda segera membuang makanan tersebut dan menggantinya dengan yang baru.

Baca:  10 Khasiat Mengejutkan Buah Mengkudu yang Wajib Anda Tahu

makanan penuh dengan lalat

Bagaimana lalat menghindari penangkapan makanan dan menjaganya tetap bersih?

Hal terpenting untuk mencegah makanan dari serangan lalat adalah dengan menjaga kebersihan makanan dan lingkungan. Hal ini karena lingkungan yang kotor – seperti tempat sampah, bangkai, dan makanan busuk – merupakan tempat tinggal sekaligus tempat berkembang biak lalat.

Jangan lupa untuk selalu menutup makanan saat sedang tidak makan. Letakkan makanan dalam wadah yang bisa ditutup rapat. Ini akan mencegah kontaminasi makanan dan menjaganya tetap bersih.

WHO pun menganjurkan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya dan usahakan agar tempat sampah di rumah Anda selalu tertutup. Jadi lalat tidak sempat hinggap di atasnya.

Pastikan juga Anda selalu mengolah makanan dengan memperhatikan dapur dan kebersihan diri. Biasakan selalu untuk selalu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, agar tangan selalu bersih saat menyentuh makanan.

Postingan Makanan Yang Pernah Dipengaruhi Lalat, Masih Layak Dimakan? muncul pertama kali di Hello Sehat.