Kenapa Makanan Pedas Tidak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong?

Saat perut Anda kosong dan Anda menggeram dalam-dalam akibat melewatkan makan, Anda mungkin merasa ingin makan semua makanan di depan Anda. Meski menyukai makanan pedas atau asam, sebaiknya hindari makan makanan tersebut saat perut Anda sedang kosong. Mengapa? Berikut penjelasannya.

Kenapa tidak bisa makan makanan pedas atau asam dengan perut kosong?

Anda mungkin melewatkan makan atau tidak makan apa pun di siang hari dan membiarkan perut Anda kosong. Tapi bukan berarti perutmu tidak berfungsi. Perut Anda bahkan bisa mengatakan bahwa ia terus bekerja sepanjang hari, baik makanan masuk atau tidak.

Lambung di perut Anda akan terus menghasilkan asam lambung. Karena perut kosong, asam lambung yang seharusnya digunakan untuk mencerna makanan justru membuat perut Anda terasa tidak enak – karena jumlahnya yang banyak.

Sementara menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease, mengonsumsi makanan pedas dan asam akan membuat gejala asam lambung Anda semakin parah. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa makanan pedas terbukti bisa menyebabkan perut perih dan nyeri, meski tidak dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

Apa yang harus saya lakukan jika saya sakit perut karena makan makanan pedas / asam saat perut kosong?

Jika perut Anda sakit, Anda juga bisa minum beberapa obat, seperti antasida, yang bisa membantu menormalkan kadar asam lambung di perut.

Namun, jika Anda juga merasakan gejala lain dan tidak kunjung sembuh, maka sebaiknya periksakan ke dokter agar Anda tahu kondisi kesehatan Anda secara pasti dan mendapatkan obat yang tepat.

Makan apa saat perut kosong?

Selain harus menghindari makanan pedas dan asam, perut kosong Anda harus diisi dengan makanan yang mudah dicerna dalam porsi yang cukup kecil terlebih dahulu. Makanan yang mudah dicerna seperti:

  • Buah-buahan, pisang merupakan buah yang bisa diandalkan selama ini.
  • Minuman hangat

Makanan yang tinggi lemak sebaiknya juga dihindari jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong karena dapat memicu gejala refluks asam seperti makanan pedas dan asam.

Sementara, porsinya juga perlu diperhatikan saat mengisi perut yang kosong. P.Orsi yang terlalu besar hanya akan membuat perut & # 39; kaget & # 39; dan akhirnya menimbulkan beberapa gejala, yaitu:

  • Mual
  • Muntah
  • Keram perut
  • Maag, sensasi terbakar di usus
  • Perut terasa buncit

Setelah Anda merasa lebih baik, Anda harus makan makanan besar untuk menggantikan energi yang hilang saat perut Anda kosong. Tentunya untuk mencegah asam lambung naik kembali Anda harus makan makanan tersebut secara perlahan dan jangan langsung berbaring atau tidur setelah makan.

Postingan Mengapa Anda Tidak Harus Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong? muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  Cara Menghitung Porsi Makan Ideal untuk Anda