Kenapa Bisa Ada Orang yang Tidak Suka Minum Air Putih?

Bagi kebanyakan orang, minum air itu seperti bernapas. Ini bukan soal suka atau tidak suka, tapi soal kebutuhan fisik. Namun, ada sebagian orang yang kurang menyukai air biasa. Mereka lebih suka haus atau mencari minuman selain air. Bagaimana bisa? Ini dia berbagai alasan dan cara mengatasinya.

Mengapa ada orang yang tidak suka air?

Tanpa air minum, tubuh Anda akan mengalami dehidrasi sehingga organ Anda tidak berfungsi dengan baik. Selain itu air juga menyegarkan dan mampu melepas dahaga. Namun, seseorang mungkin tidak menyukai air karena beberapa hal berikut ini.

1. Kecanduan gula

Coba perhatikan jika Anda sering mengidam makanan atau minuman manis dan selalu tergila-gila saat mengonsumsi makanan manis. Anda mungkin saja kecanduan gula.

Orang yang kecanduan gula biasanya lebih menyukai minuman yang memiliki rasa, tidak hambar atau hambar seperti air. Pasalnya, indera perasa orang yang kecanduan gula akan bereaksi positif saat Anda meminum minuman seperti teh manis, soda rasa buah, atau jus kemasan.

Karena tidak terbiasa makanan atau minuman yang hambar, air akan terasa tidak enak di lidah.

Bagaimana memperbaikinya: Agar tidak terlalu hambar, tambahkan irisan buah segar atau herba ke air biasa. Minum air infus memang itu akan membuat air minum Anda lebih enak dan manis.

Coba tambahkan irisan lemon, stroberi, kiwi, anggur, apel, nanas, atau jambu biji. Bumbu daun seperti daun mint juga bisa menambah rasa khas pada air minum Anda.

Selain rasanya lebih enak, air infus juga tampak lebih berwarna dari air biasa. Ini bisa menipu pikiran Anda sendiri, seolah-olah Anda sedang minum jus buah manis, bukan air putih.

2. Kembung setelah minum air

Ada orang yang tidak suka air putih karena setelah diminum perutnya terasa kembung. Nah, itu mungkin karena Anda minum dengan cara yang salah. Saat perut Anda kosong, minum satu atau dua gelas air tidak boleh membuat Anda kembung. Namun, jika Anda minum satu liter air sekaligus, perut Anda bisa menjadi kelebihan cairan. Anda juga merasa kembung dan mual.

Begitu juga jika Anda baru minum air setelah makan. Masalahnya, perut Anda dipenuhi makanan dan cairan dari makanan.

Bagaimana memperbaikinya: Lebih baik minum sering tapi sedikit. Jangan banyak minum sekaligus. Misalnya minum air putih setengah gelas setiap jam.

Anda juga harus minum air sebelum makan atau saat makan. Ini agar Anda bisa mengukur apakah perut Anda sudah terasa kenyang atau tidak. Setelah makan, minum air secukupnya saja, tidak perlu berlebihan.

3. Rasa airnya aneh atau tidak enak

Hati-hati jika tidak suka air putih karena rasanya yang aneh atau tidak enak. Meskipun air minum rasanya berbeda, seharusnya tidak terasa terlalu tajam atau pahit.

Rasa air yang terlalu tajam dapat disebabkan oleh kontaminasi, penambahan bahan kimia yang berlebihan, atau perubahan keseimbangan pH air.

Bagaimana memperbaikinya: Jika air minum dirumah anda terasa aneh, segera periksa kualitas airnya. Misalnya jika Anda membeli air minum dalam galon, tanyakan pada penjual dan pastikan air tersebut belum kadaluwarsa dan disimpan di tempat yang ideal.

Jika biasanya Anda merebus air dari kran PAM segera hubungi petugas PAM. Jika Anda merebus air dari sumur tanah, bawalah contoh air untuk diperiksa di laboratorium.

Jadi, untuk sementara sebaiknya minum air dari sumber lain dulu. Misalnya, membeli air kemasan dari merek lain.

Postingan Mengapa Beberapa Orang Tidak Suka Minum Air? muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  Terganggu Kulit Gatal di Malam Hari? Simak Cara Mengatasinya