Keinginan Belum Terkabul? Perhatikan Waktu Mustajab Ini Buat Berdoa

Keinginan Belum Terkabul? Perhatikan Waktu Mustajab Ini Buat Berdoa

Pernahkah kamu, hmm, Anda punya waktu ketika Anda menginginkan sesuatu tetapi keinginan itu tidak terpenuhi? Sebenarnya anda sudah mencoba yang terbaik tapi masih belum terwujud. Apakah ada yang salah? Bisa jadi usaha yang dilakukan tidak diimbangi dengan kekuatan berdoa kepada Sang Pencipta.

Tidak hanya usaha, berdoa juga merupakan bentuk komitmen Anda untuk memohon sesuatu dari Allah SWT. Tidak ada satu makhluk pun di bumi yang dapat mencapai segalanya sendirian, tanpa campur tangan Sang Pencipta. Oleh karena itu shalat sangat dianjurkan dalam Islam, terutama bagi anda yang memiliki keinginan yang sampai saat ini belum terpenuhi.

Tapi, biarlah doamu terkabul. Ada saat-saat tertentu shalat sangat layak untuk dijawab oleh Allah SWT. BaikKapan waktu paling efektif untuk berdoa? Berikut ulasan yang sudah Popbela rangkum.

1. Sepertiga dari semalam

Keinginan tidak terpenuhi? Perhatikan Waktu Mustajab Ini untuk Berdoa

Dapat dikatakan bahwa malam ketiga merupakan waktu emas bagi Anda untuk bertanya kepada Allah SWT jika ada keinginan yang belum tercapai. Saat orang lain tertidur dalam tidurnya, maka bangunkan diri Anda untuk berlutut meminta. Di malam-malam sepi seperti ini, Allah akan mendengar semua keinginan, impian, dan keluhan Anda. Niscaya, semua keinginan Anda akan terkabul.

Seperti yang dikatakan Nabi Muhammad SAW tentang keutamaan shalat di malam ketiga "Siapapun yang memanggil Aku, Aku akan membiarkan tangisannya. Siapapun yang meminta Aku, Aku akan mengizinkan permintaannya. Dan siapapun yang meminta pengampunan dari Aku, Aku akan memaafkannya." (HR Bukhari dan Muslim).

2. Saat adzan dikumandangkan

Keinginan tidak terpenuhi? Perhatikan Waktu Mustajab Ini untuk Berdoa

Saat adzan dikumandangkan, pasti sudah disuruh orang tuamu diam dengan mendengarkan adzan atau diminta menghentikan aktivitas sejenak? Bukan tanpa sebab, Bela.

Padahal, waktu adzan juga menjadi waktu terbaik untuk meminta sesuatu kepada Allah SWT. Sambil mendengarkan bacaan ayat-ayat Allah, kamu bisa meminta keinginan yang sudah lama tidak terpenuhi di hati kecilmu. Kalaupun hanya ada di dalam hati, Allah SWT bisa mendengar apa yang diinginkan.

Rasulullah SAW pernah berkata bahwa "Doa tidak ditolak dua kali, atau setidaknya lebih kecil kemungkinannya untuk ditolak. Yakni saat adzan bergema dan saat perang berkecamuk, saat kedua kubu saling serang,(HR. Abu Daud).

3. Saat waktu sahur dan buka puasa

Keinginan tidak terpenuhi? Perhatikan Waktu Mustajab Ini untuk Berdoa

Menunggu waktu buka puasa memang menjadi aktivitas yang menyenangkan. Sambil memandang takjil di meja makan, mata melirik ke jam, cemas akan datangnya bedug Maghrib. Eittss, tapi jangan lupa panjatkan doa, Iya. Tidak hanya doa buka puasa tetapi juga doa untuk keinginan Anda yang tidak terpenuhi.

Baca:  Intip Pengalaman Seru Para Pemain 'WandaVision' Selama Syuting

Sebab, orang yang berpuasa adalah orang-orang yang didengar Allah SWT ketika mereka berdoa kepada-Nya. Apalagi di saat-saat seperti sahur dan buka puasa. Sesuai dengan yang disampaikan oleh Rasulullah SAW, "Ada tiga doa yang tidak bisa disangkal. Doa orang yang berpuasa saat berbuka puasa, doa pemimpin yang adil dan doa orang yang dizalimi. " (HR Tirmidzi, Ibn Hibban).

4. Pada hari Jumat

Keinginan tidak terpenuhi? Perhatikan Waktu Mustajab Ini untuk Berdoa

Dari sekian banyak hari dalam seminggu, ada salah satu hari terbaik dan paling diberkati untuk berdoa, yaitu hari Jumat. Di hari itu, Anda bisa berdoa dengan menyampaikan harapan atau keinginan yang belum terwujud. Pada hari Jumat ini, Anda sangat dianjurkan untuk menyebarkan kebaikan dan meningkatkan ibadah.

Tapi, jangan lupa untuk memperbanyak sedekah dan dzikir agar keinginan yang dikehendaki menjadi kenyataan. Sebagaimana Rasul berkata bahwa "Jika seorang Muslim berdoa pada saat itu, dia harus diberikan apa yang dia minta. Saat itulah imam naik mimbar hingga salat Jumat selesai. " (Dilaporkan oleh Muslim).

5. Pada malam Lailatul Qadar

Keinginan tidak terpenuhi? Perhatikan Waktu Mustajab Ini untuk Berdoa

Selain hari Jumat, ada salah satu malam yang paling spesial dan dinantikan saat Ramadhan tiba, yaitu malam Lailatul Qadar. Malam ini dikenal sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan dan diperingati sebagai malam turunnya Alquran.

Pada malam Lailatul Qadar ini, para malaikat turun ke bumi untuk bersyafaat bagi mereka yang menjalani malam yang mulia. Baik, Anda dapat memanfaatkan seribu bulan dengan sebaik-baiknya dengan meminta segala sesuatu yang baik untuk Anda, karena jika doa Anda tulus, Anda akan dijawab. Tidak hanya itu, Allah juga mengampuni hamba-Nya yang meminta ampun atas dosa-dosa yang telah dilakukannya.

Seperti yang dikatakan Nabi, "Siapapun yang berdoa pada malam Lailatul Qadar karena iman dan harapan akan pahala, dosa masa lalunya diampuni.“(HR. Imam Bukhari). Dengan catatan, kamu benar-benar melakukan shalat pada malam Lailatul Qadar, sehingga Allah menjamin pengampunan atas dosa, menggugurkan segala kesalahan yang dilakukan selama hidup.

Itulah waktu paling efektif untuk berdoa. Jika keinginan Anda belum terpenuhi. Tidak perlu terlalu khawatir, cukup berdoa dengan khusyuk kepada Allah SWT, Bela. Insyaallah semua urusanmu jadi lancar dan dipermudah.