Kapolri: Zakiah Aini Tembak ke Arah Polisi Enam Kali

Kapolri: Zakiah Aini Tembak ke Arah Polisi Enam Kali
Zakiah Aini, Penyerang Mabes Polri

Solopos.com, JAKARTA – Sebelum ditembak polisi, ternyata Zakiah Aini, perempuan penyerang di Mabes Polri, melepaskan tembakan. Ada enam tembakan yang dilakukan pelaku ke arah petugas.

"Dua orang ditembakkan ke anggota di dalam pos. Dua kali orang yang berada di luar dan menembak lagi ke anggota di belakangnya," kata Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo saat jumpa pers terkait penyerangan terduga teroris di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (31/3/2021) malam.

Aparat segera menindak tegas dan terukur terhadap Zakiah Aini dan pelaku penyerangan Mabes Polri tewas di lokasi kejadian.

Baca juga: Ini Isi Surat Wasiat Zakiah Aini dari Penyerang Mabes Polri

Awalnya sekitar pukul 16.30 WIB seorang perempuan masuk dari pintu belakang Bareskrim Polri lalu digiring ke pos gerbang utama Mabes Polri. Kemudian tersangka teroris Zakiah Aini menanyakan keberadaan kantor pos tersebut.

Petugas yang diinterogasi wanita tersebut menunjuk ke arah kantor pos yang dia interogasi. Setelah sampai di pos, wanita itu pergi dan kembali ke pos penjagaan.

Saat kembali, Zakiah, yang dikenal sebagai mantan mahasiswa tetapi "keluar", menembak petugas sebanyak enam kali.

Baca juga: Polisi Masuk ke Rumah Penyerang di Mabes Polri

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, penembak di Mabes Polri Zakiah Aini bertindak sendiri atau "lone wolf".

“Dari hasil profiling yang bersangkutan, dia menjadi tersangka pelaku serigala tunggal berideologi radikal ISIS. Terbukti dari postingan terkait di media sosial,” kata Listyo saat jumpa pers di Polri. Markas Besarnya, Jakarta, seperti dilansir Antaranews.com, Rabu malam.

Hasil olah TKP menunjukkan bahwa pelaku diketahui adalah wanita berusia 25 tahun bernama Zakiah Aini. Beralamat di Jalan Lapangan Tembak, Kecamatan Ciracas, Kota Jakarta Timur, Jakarta.

Baca:  Membongkar Kode-Kode Rahasia Mahasiswa Menyontek saat Ujian

“Dicek sidik jarinya identitasnya sudah sesuai,” jelas Kapolres.

Postingan Kapolri: Zakiah Aini enam kali ditembak polisi muncul pertama kali di Solopos.com.