Hari Ini Dalam Sejarah: 11 Februari 1945 Konferensi Yalta

Hari Ini Dalam Sejarah: 11 Februari 1945 Konferensi Yalta
Winston Churchill, Franklin D. Roosevelt, dan Josef Stalin (kiri ke kanan) di Yalta, 1945. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO – Konferensi Yalta yang dihadiri oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt, Perdana Menteri Inggris Winston Churchill, dan pemimpin Uni Soviet Josef Stalin di Yalta, Uni Soviet berakhir. Dalam konferensi tersebut, ketiga pemimpin tersebut menandatangani Perjanjian Yalta untuk menguasai wilayah Eropa setelah Sekutu mengalahkan Jerman dalam Perang Dunia II pada 11 Februari 1945.

Peristiwa tersebut merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 11 Februari. Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 11 Februari yang terangkum dalam History Today, 11 Februari yang dihimpun oleh Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia .org:

1177

Pasukan Inggris yang dipimpin oleh John de Courcy menghajar suku Dunleavey di Ulster. Peristiwa ini menandai pemerintahan Inggris di Ulster. Sekarang, Uslter adalah provinsi yang merupakan bagian dari Irlandia Utara dan sebagian lagi milik Republik Irlandia.

Raja Inggris Henry VIII. (Wikimedia.org)
Raja Inggris Henry VIII. (Wikimedia.org)

1534

Raja Inggris Henry VIII dinobatkan sebagai pemimpin Gereja Inggris setelah gereja tersebut berpisah dari Gereja Katolik Roma pada 11 Februari. Pemisahan tersebut didasarkan pada sejumlah perbedaan pendapat antara Henry dan pemimpin Gereja Katolik Roma yang disebut. Paus.

1903

Simfoni ke-9 Anton Bruckner dipertunjukkan pertama kali di Wina pada 11 Februari. Anton Bruckner adalah seorang komposer Austria yang terkenal karena karya simfoni, massa dan motetnya. Simfoni Bruckner kemudian dianggap sebagai penanda fase terakhir Romantisisme Austria-Jerman karena harmoni yang kaya, polifoni yang kompleks, dan panjangnya.

1917

Sidney Sheldon adalah seorang penulis Amerika yang lahir pada tanggal 11 Februari. Ia telah memenangkan banyak penghargaan di tiga bidang karir sebagai penulis naskah Broadway, penulis skenario film TV dan Hollywood, dan novelis terlaris.

Panorama Vatikan. (Wikimedia.org)
Panorama Vatikan. (Wikimedia.org)

1929

Vatikan secara resmi menjadi negara berdaulat setelah Perjanjian Lateran ditandatangani oleh Vatikan dan Kerajaan Italia. Saat ini Vatikan memiliki luas 44 ha, dan jumlah penduduk 842 jiwa.

1932

Pasukan Jepang mengebom pangkalan Marinir Amerika Serikat (AS) dekat Kanada pada 11 Februari. Namun, insiden tersebut menewaskan 17 marinir AS dan dua warga sipil. Hanya saja setelah kejadian tersebut terjadi, Jepang meminta maaf dan menyatakan serangan tersebut salah sasaran. Kemudian Jepang menyatakan bahwa pemboman tersebut sebenarnya ditujukan kepada pasukan China yang berada di Markham Line, Kanada.

1942

Pertempuran antara pasukan Jepang dan Inggris meletus di Bukit Batok, Bukit Panjang, dan Bukit Timah, Singapura. Kemudian Jepang berhasil memenangkan pertempuran tersebut. Bahkan menguasai Bukit Batok, Bukit Panjang, dan Bukit Timah, setelah berjuang selama dua hari.

Baca:  Kabur dari Rumah Gegara Berantem Sama Ortu, Gadis 17 Tahun Disekap & Diperkosa

1943

Jenderal Angkatan Darat AS Dwight D. Eisenhower terpilih menjadi komandan pasukan Sekutu di Eropa pada 11 Februari. Eisenhower adalah seorang jenderal yang terpilih sebagai presiden AS ke-34 pada tahun 1953.

[1945[1945

Konferensi Yalta yang dihadiri oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt, Perdana Menteri Inggris Winston Churchill, dan pemimpin Uni Soviet Josef Stalin di Yalta, Uni Soviet berakhir. Pada konferensi tersebut, ketiga pemimpin menandatangani Perjanjian Yalta untuk mengontrol wilayah Eropa setelah Sekutu mengalahkan Jerman dalam Perang Dunia II. Bahkan dalam perjanjian tersebut juga terdapat pembagian wilayah Eropa yang dikuasai oleh Jerman.

1971

Sebanyak 87 negara, termasuk Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Uni Soviet, menandatangani Seabed Arms Treaty pada 11 Februari. Kemudian perjanjian tersebut melarang penggunaan senjata nuklir di perairan internasional.

Pemain bulu tangkis Indonesia Susi Susanti lahir di Tasikmalaya 11 Februari 1971. (Wikimedia.org)
Pemain bulu tangkis Indonesia Susi Susanti (Wikimedia.org)

1971

Lucia Francisca Susy Susanti Haditono atau lebih dikenal dengan Susi Susanti di dunia bulu tangkis Indonesia, lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 11 Februari. Kemudian ia menikah dengan Alan Budikusuma, yang meraih medali emas bersamanya di Olimpiade Barcelona 1992. Selanjutnya pasangan ini dikaruniai 3 orang anak bernama Laurencia Averina (1999), Albertus Edward (2000), dan Sebastianus Frederick (2003).

1972

Steven Mc Manaman lahir di Kirkdale, Lancashire, Inggris. Kemudian namanya dikenal luas sebagai pesepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, Liverpool, 1990-1999. Bahkan pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah ini telah menciptakan 46 gol dari 272 penampilan di Premier League bersama Liverpool. Sebelum pensiun pada 2005, Mc Manaman pernah membela Real Madrid dan Manchester City.

2008

Pemberontak Timor Leste, sebagian anggota militer, datang ke rumah Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta untuk membunuh presiden pada 11 Februari. Jose ditembak oleh pemberontak. Namun, dia tidak tewas dalam penembakan itu. Namun, pemimpin pemberontak yang juga anggota militer Timor Leste saat itu, Alfredo Reinado, ditembak mati dalam peristiwa tersebut.

Whitney Houston (Liputan6.com)

2012

Whitney Houston meninggal di Beverly Hills, Amerika Serikat, 11 Februari pada usia 48 tahun. Dia adalah penyanyi, artis, produser rekaman, penulis lagu, dan mantan model Amerika.

Pos Today In History: 11 Februari 1945 Konferensi Yalta muncul pertama kali di Solopos.com.