Gowes Saat Pandemi, Ini Manfaat Bermain Sepeda untuk Anak!

sumber: kompas.com

Penutupan tempat olahraga umum karena pandemi tidak membuat masyarakat Indonesia kehabisan cara untuk berolahraga. Tidak hanya pada hari libur, banyak karyawan yang mulai menggunakan transportasi roda dua saat berangkat kerja. Jarak puluhan kilometer juga ditempuh untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Anak-anak juga suka melakukan kegiatan yang satu ini lho Bu. Sedang tren saat pandemi, tahukah Anda manfaat bermain sepeda bagi anak?

Manfaat Bermain Sepeda untuk Anak

Manfaat bermain sepedaPelajari Keberanian dan Keyakinan

Balita biasanya belajar bermain sepeda dimulai dengan sepeda beroda terlebih dahulu. Saat beranjak dewasa, ia mulai berani mencoba sepeda roda dua dengan bantuan dua roda kecil di roda belakang.

Pada tahap ini, si kecil mulai mengumpulkan keberanian untuk mau melepas roda bantu. Rasa takut akan jatuh dan terluka membuatnya berpikir berulang kali untuk mencoba sepeda roda dua tanpa roda bantuan, bahkan ketika teman-temannya mahir melakukannya.

Ingat Mampaps ketika dia masih kecil takut mencoba naik sepeda roda dua? Manfaat bermain sepeda membuat anak yang awalnya takut jatuh menjadi berani. Melatih si kecil untuk bisa naik sepeda roda dua memang butuh waktu lama. Tetapi dengan dorongan dan semangat, si kecil secara bertahap akan menguasainya.

Mempraktikkan Keterampilan Motorik Kasar

Gerakan kaki saat mengayuh sepeda melatih keterampilan motoriknya. Selain gerakan kaki, bersepeda juga membuat seluruh bagian tubuh ikut bergerak. Manfaat bermain sepeda sangat berpengaruh untuk tumbuh kembang si kecil.

Arah dan Konsentrasi Pembelajaran

Saat sudah bisa mengendarai sepeda dengan mulus, si kecil akan mulai terbiasa dengan arah gawang, hingga ia berkonsentrasi pada benda-benda yang ada di depannya agar tidak menabrak. Mempraktikkan konsentrasi dengan bersepeda membuat si kecil memiliki kesadaran dan solusi terhadap sesuatu.

Baca Juga: Melatih Anak Berkonsentrasi, Salah Satu Manfaat Main Sepeda!

Pembelajaran Bertanggung Jawab

Di tengah bermain sepeda, si kecil biasanya berhenti sejenak sebelum melanjutkan permainannya. Dalam kondisi seperti ini manfaat bermain sepeda akan membuat si kecil bertanggung jawab untuk menjaga sepeda dan botol minum agar tidak tersesat atau bingung dengan teman-teman yang lain. Begitu juga ketika dia tidak sengaja menabrak seorang teman saat sedang bersepeda, meminta maaf dan membantu menyembuhkan luka temannya adalah sikap tanggung jawab yang harus dia miliki.

Baca:  Kencan hingga ke Kantor, Ini Tips Mix & Match Pakai Sneakers Putih

manfaat bersepeda bagi anak-anak

Berlatih bersosialisasi

Meski banyak yang bersepeda bersama keluarganya, tak jarang anak-anak menikmati bersepeda bersama teman-teman seusianya. Saat itulah si kecil mulai belajar bersosialisasi dan berteman.

Tubuh yang sehat

Bukan hal baru jika manfaat bermain sepeda bisa membuat tubuh anak sehat. Bermain sepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang disukai oleh anak-anak. Gerakan-gerakan saat bermain sepeda bisa melatih tulang dan otot di berbagai bagian tubuh si kecil.

Bermain Sepeda Selama Pandemi, Perhatikan Hal-Hal Berikut!

manfaat bersepeda

Meski tergolong aktivitas positif dan memiliki banyak sekali manfaat bermain sepeda bagi anak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat bersepeda di tengah pandemi. Contohnya seperti:

  • Bawalah minuman dari rumah. Bermain sepeda akan membuat tubuh lelah dan dehidrasi. Itulah mengapa penting untuk diminum saat Anda merasa lelah setelah bersepeda. Mengapa membawa botol air sendiri? Ini tak lain untuk mencegah terpaan virus dari luar yang menyentuh tangan Si Kecil.
  • Tidak mengobrol dalam jarak dekat. Sebelum bersepeda, berikan pemahaman tentang bahaya percakapan jarak dekat selama pandemi.
  • Tidak pinjam sepeda teman. Mirip dengan botol minum, pinjam sepeda teman juga bisa menjadi media penularan penyakit termasuk CPVID-19.
  • Tetap kenakan masker dan helm.

Baca Juga: Mencegah Anak Bermain Gadget Saat Pandemi

Meski manfaat bermain sepeda banyak, namun dalam kondisi pandemi ini kita tetap harus berpegang teguh pada aturan kesehatan ya Mampaps!

Postingan Menunggangi Saat Pandemi, Inilah Manfaat Main Sepeda untuk Anak-Anak! muncul pertama kali di Mamapapa.id.