Daftar Pantangan Makanan yang Patut Diperhatikan oleh Penderita Psoriasis

Psoriasis adalah kelainan kulit kronis di mana tubuh memproduksi lebih banyak sel kulit secara tidak terkendali. Agar tidak kambuh, sebaiknya perhatikan daftar pantangan penderita psoriasis berikut ini.

Pentingnya menjaga pola makan bagi penderita psoriasis

nutrisi mencegah virus corona

Sebelum mengetahui beberapa makanan yang tabu, ada baiknya penderita psoriasis mengetahui terlebih dahulu tentang makanan yang dikonsumsi dan kaitannya dengan psoriasis.

Penyakit kulit ini tidak dapat disembuhkan sepenuhnya. Itu artinya, berbagai obat psoriasis yang dikonsumsi bertujuan untuk mengurangi keparahan gejala dan menghindarkan Anda dari kemungkinan sering kambuh.

Begitu juga dengan makanan, tidak ada yang bisa menyembuhkan psoriasis. Namun, mengonsumsi makanan yang sehat akan mengurangi intensitas gejala Anda.

Pasalnya, ada beberapa makanan pemicu peradangan yang kerap dialami penderita psorasis. Ada juga beberapa makanan lain yang bisa mencegahnya. Memilih makanan yang tepat membantu Anda mengontrol kambuhnya kondisi tersebut.

Tak hanya itu, makanan sehat juga akan menghindarkan Anda dari masalah obesitas. Seperti diketahui, obesitas merupakan salah satu penyebab terjadinya psoriasis yang membuat seseorang lebih rentan terkena psoriasis.

Ini disarankan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine. Studi tersebut menunjukkan bahwa pengukuran lingkar pinggang, lingkar pinggul, dan perbedaan yang lebih besar pada lingkar pinggang-pinggul dapat meningkatkan risiko penyakit ini.

Oleh karena itu, lebih baik bagi Anda untuk benar-benar mematuhi pantangan jika Anda ingin proses penyembuhan menjadi lebih lancar.

Berbagai pilihan salep efektif meredakan psoriasis

Daftar makanan yang harus dihindari oleh penderita psoriasis

Berikut beberapa pantangan makanan dan minuman bagi penderita psoriasis yang sebaiknya dihindari agar gejalanya tidak muncul.

1. Daging merah

makan daging merah

Daging merah mengandung lemak tak jenuh jamak (lemak tak jenuh ganda) yang disebut asam arakidonat. Asam lemak ini dapat memperparah gejala psoriasis karena dapat memicu terjadinya peradangan pada tubuh.

Terlalu banyak makan daging merah juga dapat meningkatkan risiko seseorang terserang berbagai penyakit serius seperti kanker, jantung, dan gagal ginjal. Untuk itu hindari semua jenis daging merah seperti daging sapi, kambing dan kerbau.

2. Susu dan produk olahannya

Produk susu juga mengandung asam arakidonat, senyawa yang memicu peradangan alami di dalam tubuh. Selain itu, susu sapi juga mengandung protein kasien yang terbukti dapat memicu peradangan.

Untuk itu, usahakan untuk menghindari berbagai produk olahan susu dan olahan seperti keju dan yogurt saat psoriasis sedang menyerang tubuh.

3. Tanaman nightshade

makan terong saat ibu hamil makan terong

Tanaman dari keluarga nightshade seperti cabai, terong, tomat, kentang, dan paprika dikatakan memperburuk gejala psoriasis. Kelompok tumbuhan ini mengandung solanin, senyawa kimia yang terbukti dapat memicu rasa sakit dan peradangan.

Beberapa penderita psoriasis bahkan merasa jika mereka menghindari kelompok sayuran ini, gejala psoriasis mereka akan benar-benar stabil atau bahkan menurun. Lain halnya saat mengonsumsinya, kondisi peradangan pada kulit sebagian orang semakin parah.

Baca:  5 Masalah Seks yang Paling Mengganggu Pria (Plus Cara Mengatasinya)

4. Gluten

Pada beberapa kasus, penderita psoriasis juga sensitif terhadap protein gluten yang biasa ditemukan pada roti, gandum, pasta, dan sereal. Saat penderita kondisi ini mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, efeknya bisa memperburuk gejala psorasis.

Karena alasan inilah beberapa penderita disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan tersebut. Namun, ini kembali ke kondisi masing-masing. Jika tubuh Anda tidak sensitif terhadap gluten, konsumsinya mungkin masih diperbolehkan.

5. Makanan olahan yang dibekukan

memanaskan makanan

Makanan beku olahan seperti pizza dan lainnya menandakan pemrosesan berlapis. Lisa Cimperman, RDN, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics menyatakan bahwa proses pembuatan yang lama dapat meningkatkan senyawa pemicu peradangan dalam tubuh.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan tersebut juga dapat memicu obesitas, gangguan metabolisme, dan gangguan kesehatan lainnya. Pasalnya, makanan olahan mengandung banyak gula dan tepung yang diolah di dalamnya.

6. Alkohol dan soda

Alkohol dan soda merupakan minuman yang dapat memperparah psoriasis sehingga tetap pantang. Pasalnya, mengonsumsi lebih dari segelas alkohol dalam sehari bisa memperlebar pembuluh darah.

Nantinya, pelebaran pembuluh darah ini akan memicu keluarnya sel darah putih, termasuk limfosit T, yang berperan pada psoriasis. Sedangkan soda mengandung kadar gula yang tinggi dan bisa memicu obesitas.

Saat Anda mengalami obesitas, ada molekul tertentu yang disekresikan oleh sel lemak yang dapat memperburuk psoriasis. Selain itu, menurut peneliti di Harvard University, gula juga diketahui dapat meningkatkan reseptor peradangan di dalam tubuh.

Makanan yang baik untuk penderita psoriasis

manfaat bayam hijau

Selain makanan yang bersifat tabu, tentunya ada juga berbagai makanan yang baik untuk penderita psoriasis. Pada dasarnya mereka yang menderita kondisi ini disarankan untuk menjalani diet rendah kalori dan lemak serta lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.

Beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk menggantikan asupan daging merah bagi penderita psoriasis bisa didapatkan dari ikan omega-3 seperti salmon, tuna, atau sarden. Fungsi Omega-3 untuk menghambat peradangan yang dapat membantu menjaga kondisi kesehatan.

Antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan beta karoten juga diketahui memiliki zat anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah peradangan dan mencegah berbagai penyakit. Kandungan ini bisa Anda dapatkan dari buah dan sayuran berwarna hijau termasuk alpukat, bayam, dan kubis.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang makanan apa yang bisa dikonsumsi, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli gizi. Mereka mungkin juga dapat membantu Anda mengembangkan pola makan yang sehat.

Posting Daftar pantangan makanan yang harus diperhatikan oleh penderita psoriasis muncul pertama kali di Hello Sehat.