Cegah Penularan Covid-19, Siapkan 2 Wadah Masker di Tas

Cegah Penularan Covid-19, Siapkan 2 Wadah Masker di Tas
Wadah Masker

Solopos.com, JAKARTA – Salah satu cara untuk mencegah penyebaran dan penularan virus corona (Covid-19) adalah dengan memakai masker kain tiga lapis. Agar aman, dr. Alfi Auliya Rachman dari RS FMC Bogor menyarankan agar Anda menyimpan masker di wadah khusus masker. Apalagi saat bepergian ke luar rumah.

"Ada dua kotak [wadah] penyimpanan khusus. Satu kotak untuk masker bekas, kotak lainnya untuk masker yang tidak terpakai. [Masker] dapat dilapisi dengan tisu atau kain bersih. Ini agar tidak bersentuhan dengan barang dari luar, "kata Alfi dalam jumpa pers virtual" Mengenal Topeng Kain Teknologi AIRism Mask ", Rabu (21/10/2020).

Saat mau membukanya, misalnya karena mau makan, cuci tangan dulu. Setelah itu, buka topengnya tanpa menyentuh bagian tengahnya, melainkan hanya talinya.

Tidak Pakai Masker, Warga Wonogiri Tak Bisa Bantuan

Alfi mengingatkan, sebaiknya masker tidak digantungkan di dagu. Namun masukkan masker tersebut ke dalam wadah masker khusus yang telah Anda siapkan lalu tutup wadah tersebut dengan rapat.

Jika Anda ingin memakainya kembali, cuci tangan Anda terlebih dahulu kemudian sentuh tali masker dan kenakan agar hidung dan mulut Anda tertutup rapat.

Kontrol Puskesmas Karanganyar, Masyarakat Lebih Memilih Sanksi Sosial

Cuci tangan Anda dengan rajin

Alfi menganjurkan Anda mengganti masker minimal empat jam sekali, atau saat kondisi lembab, basah, dan kotor. Masukkan masker bekas ke dalam wadah masker. Cuci masker seperti mencuci pakaian biasa tetapi jangan memutihkan pakaian. Keringkan masker dengan udara.

Selain memakai masker dan rutin mencuci tangan, Anda juga disarankan untuk menjaga jarak. Dokter Vito A. Damay mengatakan, menjaga jarak dua meter masih relevan hingga saat ini. Apalagi, ada temuan dari United States Disease Control and Prevention (CDC) bahwa virus penyebab Covid-19 bisa menular melalui udara.

Baca:  Asyik, Mahasiswa Bisa Magang di Proyek Kereta Cepat

Riset Terbaru, Obat Kumur Menonaktifkan Virus Corona dalam 30 Detik

Lalu bagaimana jika tidak memungkinkan untuk menjaga jarak, seperti di angkutan umum atau di ruangan kecil? Praktisi klinis sekaligus relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri menyarankan agar jangan banyak bicara. Kalau bisa, sebaiknya diam sebisa mungkin.

Hal tersebut, lanjut Fajri, karena ada kemungkinan Covid-19 bisa menyebar melalui tetesan dan partikel di udara yang terbentuk saat seseorang dengan korona batuk, bersin, berbicara atau bernafas. Namun, secara umum, ruangan tanpa ventilasi yang baik meningkatkan risiko hal ini.

“Rekomendasinya pakai masker dan sediakan wadah masker, perbaiki ventilasi, jangan terlalu padat [orang di dalam ruangan]. Di kamar kecil jangan terlalu banyak bicara, ”kata Fajri seperti dikutip Antaranews.com.

Postingan Cegah Penularan Covid-19, Siapkan 2 Wadah Masker dalam Kantong muncul pertama kali di Solopos.com.