Awas Ma, Masalah Psikis Bisa Sebabkan Anak Susah Makan Lho!

Awas Ma, Masalah Psikis Bisa Sebabkan Anak Susah Makan Lho!

Orang tua mana yang bisa rileks jika anaknya kesulitan makan, pasti akan ada seribu ide dan cara yang bisa dilakukan agar si kecil bisa makan meski hanya satu gigitan. Seperti memasak makanan kesukaan si kecil, bahkan membuat makanannya semakin menarik, seperti membentuk makanan seperti boneka atau hewan kesayangan si kecil.

Perlu di ketahui Mampaps, wajar jika di usia tertentu anak-anak mulai kesulitan makan Bu! Ini normal, bahkan selama masa perkembangan anak-anak berusia 6 hingga 9 tahun. Namun, akan menjadi tidak normal jika ini terus terjadi. Untuk itu, Mampaps sebagai orang tua harus tahu apa penyebab anak susah makan? Sehingga kita dapat mengetahui cara mengatasinya agar nafsu makan si kecil dapat menunjang tumbuh kembangnya.

Baca juga: Anak Sulit Makan Sayuran? Gantikan dengan makanan ini!

Penyebab Umum Anak Sulit Makan

Sumber gambar: huffingtonpost.com

Bunda di usia satu sampai lima tahun, berat badannya mungkin tidak bertambah selama 4 bulan berturut-turut! Dan ini masih dianggap biasa. Perlu diketahui, nafsu makan si kecil dikendalikan oleh otaknya. Dimana dia akan mengkonsumsi makanan sebanyak yang dia butuhkan untuk pertumbuhan energinya. Begitu, jangan terlalu memaksa jika si kecil sudah mulai menggelengkan kepala atau menutup mulutnya.

Penyebab anak susah makan biasanya terjadi karena beberapa hal, seperti tekanan ibu saat menyusui atau ada masalah pada mulut dan giginya, seperti bayi yang giginya baru tumbuh atau mungkin mengalami sariawan sehingga susah mengunyah makanan tertentu. Nah, berikut beberapa penyebab umum lain yang menyebabkan anak sulit makan:

  • Jarak antara makan dan si kecil dengan minum susu atau mengonsumsi makanan ringan terlalu dekat
  • Makanan yang disajikan pun sama, sehingga terjadi kebosanan
  • Tekstur makanan yang mungkin tidak disukai anak Anda, seperti terlalu lembut atau terlalu keras
  • Terlalu banyak lauk atau makanan yang disajikan, sehingga si kecil bingung untuk memakannya
  • Buang air besar tidak teratur, sehingga membuat buang air besar menjadi kurang lancar. Ini biasanya karena makanan yang disajikan kurang serat
  • Si kecil Anda baru saja sembuh dari penyakit

Biasanya masalah ini akan hilang dalam 2 hingga 4 minggu, kemudian nafsu makan akan kembali normal atau bisa meningkat. Namun, masalah psikologis juga bisa membuat nafsu makan anak menurun! Wah, biasanya ini terjadi karena paksaan atau ada ketakutan yang dialami Little Mams.

Baca juga: Di rumah sendiri bisa menyebabkan gangguan psikososial, lho!

Tanda-tanda masalah psikologis yang menyebabkan anak sulit makan

Sumber gambar: amazonaws.com

Bukan hanya masalah fisik yang membuat anak sulit makan, tapi masalah psikologis bisa menjadi penyebab utama nafsu makan si kecil menurun. Kedengarannya sedikit lucu, Mampaps, tapi itu benar-benar terjadi dan terkadang diremehkan oleh orang tua. Nah, berikut beberapa tanda masalah psikologis yang menyebabkan anak sulit makan dan harus bisa mengetahuinya:

Baca:  Sulit Hamil Karena Rahim Dingin? Ketahui Yuk, Mams!

Si Kecil Mengalami Stres

Stres akan berdampak pada emosi, tidak hanya orang dewasa pada anak-anak, stres juga berdampak pada nafsu makan seseorang. Misalnya pada anak stres bisa terjadi karena kepergian orang yang mereka sayangi atau hewan yang mereka rawat. Tak hanya itu, stres pada anak juga bisa terjadi karena mengganggu di lingkungan sekolah dan tekanan dari orang tua.

Si Kecil Mengalami Depresi

Seperti halnya stres pada anak, depresi juga bisa terjadi karena berbagai hal dalam keseharian si kecil. Misalnya, pada usia sekolah, si kecil mengalami depresi karena tekanan dari tugas sekolah atau jauh dari teman-temannya. Depresi pada anak terlihat ketika si kecil kehilangan minat dalam menjalankan kebiasaan sehari-hari dan juga terlihat dari anak menjadi sulit makan atau nafsu makannya meningkat hingga obesitas.

Baca Juga: Jangan Khawatir Nafsu Makan Anak Anda Menurun! Inilah Dia Mengapa

Mengalami Kecemasan yang Berlebihan

Pada balita, kecemasan bisa terjadi karena Mampaps atau orang terdekatnya berada jauh darinya. Kecemasan ini biasanya terjadi karena berpisah saat Mampaps hendak berangkat kerja, pikiran si kecil akan melayang bahwa orang yang dicintainya akan menjauh darinya.

Tak hanya itu, kecemasan pada anak juga bisa disebabkan oleh lingkungan yang baru dimasukinya, seperti baru masuk sekolah atau berkenalan dengan orang baru. Hal ini dapat ditunjukkan dengan anak menjadi gelisah, berkeringat dingin, dan sulit tidur. Kondisi ini juga bisa membuat nafsu makan anak menurun.

Memiliki Hubungan yang Buruk dengan Orang Tua

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memaksa anak untuk makan bisa membuat si kecil trauma dan tidak mau menyentuh makanannya. Ditambah lagi, ketika memberikan makanan kepada Little Mams, ia selalu tergelincir dalam ancaman atau kutukan yang membuatnya terpaksa makan atau bahkan menolak. Jadi, untuk menguranginya, ada baiknya perbaiki cara ibu menyajikan makanan untuk si kecil.

Sudah tahu kan, Mampaps menyebabkan anak susah makan, mulai dari penyebab umum hingga psikologis tentunya sudah paham kan? Yap, dengan menghindari penyebabnya, tentunya semuanya akan kembali baik lagi kan? Dan yang terpenting ada KESABARAN.

Postingan Awas Ma, Masalah Psikis Bisa Bikin Anak Sulit Makan! muncul pertama kali di Mamapapa.id.