Awas! Jangan Minum Air Sisa Semalam Mams, Bahaya!

minum air sisa semalam

Saat tidur, sering kali membiarkan gelas berisi air terbuka semalaman. Beberapa orang masih meminumnya saat bangun tidur. Padahal kebiasaan minum sisa air tadi malam cukup membahayakan kesehatan, lho Bu. Mungkin air yang dibiarkan terbuka semalaman di kaca terlihat bersih dan terlihat sama seperti kemarin. Namun kondisi tersebut belum cukup untuk memastikan bahwa air tersebut masih aman untuk diminum. Kalau yang disediakan tidak boleh dikonsumsi apalagi sisa airnya tadi malam jangan diminum bu mams.

Bahaya Minum Air Sisa Semalam

Beberapa orang memilih menyediakan air di dekat tempat tidur untuk diminum di pagi hari. Memang benar, minum air setelah bangun tidur adalah kebiasaan yang baik dan sehat. Tapi sayang kalau air yang sudah disediakan sejak tadi malam lupa tutup. Padahal hal inilah yang menyebabkan air tidak dapat dikonsumsi dengan baik.

Sisa air untuk malam tidak layak untuk dikonsumsi

Mengapa dikatakan sudah tidak layak konsumsi lagi? Air yang dibiarkan dalam gelas dengan kondisi tidak tertutup dapat memicu datangnya virus dan bakteri. Setelah didiamkan semalaman, airnya bisa saja sudah terkontaminasi bakteri dan virus sehingga berbahaya untuk diminum.

Yang lebih parah lagi kalau airnya air sisa semalaman. Pasalnya, mulut yang menempel pada gelas membuat gelas kurang higienis untuk diminum di pagi hari. Sisa makanan di mulut bisa jatuh ke gelas dan mencemari air di dalamnya. Beberapa penyebab lain pencemaran bakteri pada sisa air semalaman adalah air liur, debu dan sel kulit yang mengandung berbagai jenis bakteri.

Baca juga: Larangan Ibu Hamil Minum Air Es, Mitos atau Fakta?

Bagaimana jika menggunakan botol?

minum sisa air tadi malam

Setelah mengetahui bahwa air yang tidak ditutup semalaman dan air sisa semalam tidak layak untuk dikonsumsi, mungkin bunda akan berpikir untuk menggunakan botol minum sebagai wadah untuk menggantikan gelas. Botol minum biasanya memiliki tutup sehingga cenderung aman dari debu dan kotoran lainnya jika dibiarkan semalaman. Namun hal ini tetap tidak disarankan jika sebelumnya botol sudah digunakan untuk minum langsung (mulut menempel pada lubang botol).

Baca:  Perlukah Memiliki Air Purifier (Pemurni Udara) di Rumah?

Seperti kasus sebelumnya, mulut yang menempel di botol juga bisa mencemari air di dalamnya tidak layak untuk dikonsumsi. Ini juga berlaku jika Mampaps memiliki kebiasaan membawa-bawa minuman dengan botol minum pribadinya. Penting bagi Mampaps untuk menggunakan botol minum yang diklaim sebagai Bebas BPA.

Saat Mampaps sedang pergi berlibur dan membawa minuman dalam botol, biasakan untuk tidak meminumnya secara langsung. Ibu bisa menggunakan gelas plastik atau minuman dengan tidak menyentuh botolnya. Ini karena bakteri dari mulut bisa tumbuh lebih cepat saat botol terkena sinar matahari.

Botol plastik yang mengandung BPA juga akan semakin berbahaya jika terkena sinar matahari. Padahal, menurut penelitian American Academy of Pediatric (AAP), BPA dapat menyebabkan obesitas, gangguan perilaku, diabetes, dan masalah kesehatan reproduksi.

Baca Juga: Tips Agar Si Kecil Menikmati Air Minum!

Apa solusinya?

  • Gunakan teko untuk memberi air minum di pagi hari
  • Jika ingin menggunakan botol pastikan botolnya tertutup rapat dan belum diminum langsung (dituang ke gelas dulu)
  • Bunda juga masih bisa menggunakan botolnya saat travelling asalkan tidak menghindari kontak bibir dengan ujung botol
  • Jangan berbagi minuman dengan orang lain, kecuali menggunakan kacamata yang berbeda.

Air sangat dibutuhkan tubuh untuk mencegah dehidrasi. Namun pastikan Mampaps hanya meminum air putih yang layak untuk dikonsumsi.

Pos Awas! Jangan minum sisa air tadi malam, Bahaya! muncul pertama kali di Mamapapa.id.