Aprilia Manganang Adalah Seorang Pria, Ini 5 Faktanya

Aprilia Manganang Adalah Seorang Pria, Ini 5 Faktanya

Sejak kemunculannya di Asian Games 2018, nama Aprilia Manganang langsung menjadi sorotan. Dengan penampilan fisiknya yang menyerupai laki-laki, namun merupakan bagian dari timnas bola voli putri, tentu banyak yang mempertanyakan status Manganang.

Namun, kini Manganang bisa bernapas lega. Statusnya yang kerap dipertanyakan itu dikonfirmasi langsung oleh Kepala Satuan Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa, melalui jumpa pers yang digelar kemarin, Selasa (9/3).

1. Manganang menderita hipospadia sejak lahir

Aprilia Manganang adalah laki-laki, berikut 5 faktanya

Berdasarkan keterangan Andika, Manganang mengalami hipospadia sejak lahir. Hipospadia merupakan gangguan pada sistem reproduksi yang jarang terjadi di Indonesia. Secara statistik bayi yang lahir dengan hipospadia adalah 1: 250 kelahiran, dan Manganang adalah salah satunya.

Menurut Andika, pria kelahiran 27 April 1992 di Tahuna, Sulawesi Utara ini lahir dengan bantuan paramedis. Dengan keterbatasan waktu itu, secara kasat mata, Manganang terlihat seperti bayi perempuan. Oleh karena itu, orang tuanya yang berprofesi sebagai buruh dan asisten rumah tangga membesarkannya seperti anak perempuan. Ia juga diberi nama Aprilia Santini Manganang. Seiring berjalannya waktu, Manganang justru tumbuh dengan penampilan fisik layaknya laki-laki.

2. Melakukan inspeksi dan operasi sejak Februari 2021

Aprilia Manganang adalah laki-laki, berikut 5 faktanya

Pada awal 2021, Manganang melakukan pemeriksaan fisik di Rumah Sakit Tentara Wolter Monginsidi, Manado. Karena fasilitas rumah sakit yang terbatas di sana, Manganang akhirnya dipanggil oleh Andika untuk melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Angkatan Darat Jakarta pada 3 Februari 2021.

“Sersan Manganang rupanya menyambutnya dengan penuh semangat karena ternyata ini yang dia tunggu-tunggu. Jadi, saya hadirkan tim lengkap dari RSPAD, lalu kami lakukan pemeriksaan lengkap di RSPAD dengan menggunakan semua fasilitas kesehatan yang kami miliki,” katanya. kata Andika.

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan di RSPAD, Manganang lebih memiliki sifat hormonal yang masuk dalam kategori pria normal. Dia akhirnya melakukannya operasi koreksi dan saat ini masih dalam tahap pemulihan.

Baca:  14 Jenis Tanaman Kaktus Hias untuk di Dalam Rumah

3. Membanggakan Indonesia melalui olahraga bola voli

Aprilia Manganang adalah laki-laki, berikut 5 faktanya

Manganang dikenal sebagai atlet yang mengharumkan nama bangsa melalui olahraga bola voli. Sebelum menjadi atlet bola voli, Manganang terlebih dahulu melakukan sprint atau lari cepat.

Ketertarikannya pada bola voli bermula saat sang kakak, Amasya Manganang, mendapatkan penghasilan setelah mengikuti kompetisi bola voli. Ia juga tertarik dan mulai menekuni bola voli.

Berkat kerja kerasnya, para Manganang bersaudara sering mengikuti berbagai perlombaan baik di dalam maupun luar negeri. Ia dan adiknya kerap menyumbangkan medali kemenangan untuk Indonesia. Manganang berhasil menjadi pemain terbaik di Proliga 2016, 2017 dan 2019, MPV di Thai-Denmark Super League 2019, serta mempersembahkan medali perunggu di SEA Games 2015 dan perak di SEA Games 2017.

4. Bergabung dengan Korps Tentara Wanita

Berkat prestasinya yang membanggakan, Manganang direkrut oleh TNI Angkatan Darat untuk menjadi NCO pada tahun 2016. Ia bergabung dengan Korps Wanita Angkatan Darat, karena pada saat itu hasil tes menunjukkan bahwa dirinya berjenis kelamin perempuan.

Kini, berdasarkan hasil penyidikan yang dilakukan pada 3 Februari 2021, prajurit berpangkat Sersan Dua (Serda) ini resmi berganti status menjadi laki-laki.

5. Pensiun untuk menjadi seorang atlet

Aprilia Manganang adalah laki-laki, berikut 5 faktanya

Sejak September 2020 lalu, Manganang memutuskan pensiun sebagai atlet bola voli. Hal tersebut ia sampaikan melalui Instastory di akun Instagram pribadinya.

"Mengapa saya mengambil keputusan ini, karena saya ingin menjalani kehidupan yang lebih baik, ingin mencapai kebenaran di hati saya, damai. Oleh karena itu, ini keputusan terbaik bagi saya," dia menulis.

Apapun keputusan Manganang semoga ini yang terbaik dan membuatnya menjadi orang yang lebih bahagia, Iya, Membela.