Anak Nakal Dianiaya dan Dibuang Orang Tua, Miris Ma!

sumber: twitter.com/cursedwibu

Seorang bocah berusia 8 tahun ditemukan di pinggir jalan di Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Riau. Ada bekas luka di wajah anak itu. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, kedua orang tua tersebut dipanggil oleh Polres Pelalawan untuk dimintai keterangan. Polisi menduga kekerasan fisik telah mengakibatkan beberapa luka di tubuh anak tersebut. Dari barang bukti yang ditinggalkan orang tua, diduga ada anak nakal yang dianiaya dan kemudian ditelantarkan oleh orang tuanya.

Anak-Anak yang Buruk Dianiaya dan Ditinggalkan Orang Tua

Yang menyedihkan adalah ada selembar kertas yang berisi pesan dari orang tua kepada anak yang dibuangnya. Isi surat itu sebagai berikut.

“Nak, maaf bu, aku terpaksa meninggalkanmu di jalan, karena aku tidak bisa melihatmu menderita atau menderita karena kekeraskepalaanmu, setiap hari kamu bikin masalah. Maafkan aku nak. Hati hati tentang dirimu, ya "

Meski dari surat tersebut diketahui sang ibu mengakui bahwa anak nakal itu dianiaya dan sengaja dibuang, Iptu Edy Heryanto tetap menyayangkan kekerasan dan penelantarannya. Usai bertemu dengan orang tua korban, Iptu membenarkan pengakuan bahwa orang tua tersebut melakukan kekerasan dan penelantaran akibat kenakalan dan kebiasaan mencuri yang kerap dilakukan oleh korban. Warga sekitar rumah korban juga menjelaskan bahwa kekerasan yang dilakukan orang tua terhadap korban sudah berlangsung cukup lama.

Kenakalan pada anak sering membutuhkan orang tua & # 39; kesabaran, terutama jika mereka memiliki lebih dari satu anak. Namun, apakah Anda harus menggunakan kekerasan untuk mengatasinya? Bagaimana cara yang benar untuk mengatasi kenakalan anak?

Baca Juga: Pola Asuh Parenting dengan Metode Pengasuhan Organik

Jika Anak-Anak Itu Buruk, Apa Yang Harus Anda Lakukan?

Anak-anak memiliki segudang perilaku yang mengungkapkan isi hati mereka. Namun terkadang ungkapan ini membuatnya dicap sebagai anak nakal. Jika sudah begini, emosi dan suara yang melengking biasanya akan keluar dari perangkapnya. Wah sebenarnya apa sih penyebab anak nakal dan susah diatur?

Baca juga: Menjadi Orang Tua Beda dengan Mertua? Atasi Segera!

Penyebab Anak Nakal dan Sulit Diatur

Pada dasarnya tidak ada anak yang terlahir nakal. Kenakalannya adalah hasil dari meniru orang atau karakter tertentu. Faktor yang sangat berperan dalam perilaku anak adalah lingkungan. Oleh karena itu, mendeskripsikan lingkungan juga penting untuk perkembangan emosi anak.

Salah satu cara untuk mengatasi kenakalan pada anak adalah dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, bukan karena anak nakal dianiaya lalu dibuang. Bisa jadi kenakalan anak tersebut disebabkan oleh perlakuan Mampaps terhadap dirinya selama di rumah. Berikut beberapa penyebab anak nakal dan susah diatur.

  • Gaya pengasuhan yang tidak tepat. Orang tua yang sering mengkritik, terlalu protektif, jarang memuji bahkan sering melakukan kekerasan di rumah dapat mempengaruhi anak menjadi sosok yang nakal. Tidak hanya itu, jika pola asuh tidak diubah, anak berpotensi mengambil tindakan berisiko di luar rumah.
  • Cari perhatian lingkungan. Anak-anak tidak hanya membutuhkan sandang, pangan dan papan. Jauh lebih dari itu, anak membutuhkan asuhan, perhatian dan tindakan orang tua yang mencerminkan kasih sayang kepada mereka. Jika si kecil tidak mengerti, jangan heran jika dia mencari perhatian dengan bertingkah seperti anak nakal. Sebab, ia tahu bahwa orang tuanya akan menegurnya atas perbuatannya dan ia merasa diperhatikan karenanya.
  • Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Rasa ingin tahunya yang tinggi terkadang membuat anak bertingkah aneh bahkan keluar dari logika. Tapi jangan langsung dimarahi, Bu. Karena jika direspon dengan baik, rasa penasaran ini akan membuat si kecil memiliki banyak wawasan dan pengalaman.
  • Punya masalah medis. Ada beberapa masalah kesehatan yang berdampak pada perilaku anak menjadi nakal. Seperti autisme, bipolar, ADHD, gangguan kompulsif dan kecemasan.
Baca:  Waspada Ma, Ini Cara Menghindari Hipnotis!

Bagaimana Menghadapi Anak-anak yang Buruk

Dari kasus anak yang dianiaya dan ditelantarkan ini, kita sebagai orang tua harus mengambil hikmah, Bu. Selain bersabar, ada beberapa cara Mampaps bisa mengatasi anak nakal.

  • Tidak melabeli anak-anak sebagai anak nakal
  • Memberikan teladan yang baik dan benar
  • Jangan meneriaki anak-anak di depan umum
  • Menerapkan sanksi dan aturan yang jelas dan tegas
  • Tidak sering memberinya toleransi atas perilakunya
  • Berbicara tentang kesalahan dan kebaikan anak setiap hari sebelum tidur, tanpa memarahinya

Baca Juga: Kemampuan Sosial Anak Kate Middleton Tuai Pujian, Lihat Asuhannya!

Peran Penting Orang Tua untuk Sikap dan Perkembangan Mental Anak

Peran orang tua yang besar dalam perkembangan sikap dan kesehatan mental anak Setiap kali si kecil beranjak dewasa, orang tua berperan sebagai pengarah yang tepat, mengarahkan si kecil pada hal-hal yang dianggap baik dan tidak menyimpang . Identitas si kecil juga bisa terlihat dari lingkungan yang diciptakan orang tuanya. Tidak salah jika setelah beranjak dewasa, anak Anda diberikan pilihan dalam menentukan jalan hidupnya, namun pola pikirnya harus diarahkan dari dirinya sendiri agar sikap dan mentalitasnya terarah dengan baik.

Baca juga: Jangan salah! Hindari Menjadi Orang Tua yang Berlebihan

Tidak mudah menjadi orang tua yang ideal dan tidak pernah marah jika anak nakal. Ketika ibu tidak sengaja menegurnya, ibu dapat meminta maaf dan berbicara baik setelahnya. Jangan sampai kejadian anak nakal dianiaya dan dibuang ini terjadi lagi ya?

Postingan Anak Nakal Dilecehkan dan Ditinggalkan Orang Tua, Sad Ma! muncul pertama kali di Mamapapa.id.