Alat Tes Covid UGM GeNose Sudah Kantongi Izin Edar!

sumber: kompas.com

Beberapa hari lalu, pada 24 Desember 2020, Kementerian Kesehatan memberikan izin edar test kit Covid buatan Universitas Gajah Mada (UGM). UGM memberikan nama GeNOse pada covid test kit buatannya. Alat uji Covid UGM ini membutuhkan nafas atau dengan menggunakan metode deteksi Senyawa Organik Mudah Menguap (VOC). Kita patut berbangga dengan hasil penelitian anak bangsa ini. Harganya yang cenderung terjangkau merupakan cahaya terang bagi masyarakat. Namun, apakah alat ini lebih efektif daripada alat sebelumnya?

Apa itu Alat Uji Covid GeNose UGM?

sumber: AyoYogya.com

GeNose merupakan covid test kit buatan Universitas Gajah Mada yang diklaim mampu menghasilkan hasil tes dalam waktu 80 detik. Dengan demikian, dalam waktu kurang dari 2 menit Anda sudah bisa mengetahui apakah seseorang positif atau negatif Covid-19.

“Sebelumnya butuh waktu sekitar 3 menit, kemarin saat tes di BIN bisa turun jadi 80 detik jadi lebih cepat lagi,” kata Kuwat Triyono selaku peneliti GeNose.

Alat tes Covid GeNose UGM memiliki persentase akurasi 93-95% dari tes diagnostik lebih dari 2000 subjek di rumah sakit rujukan Covid-19.

Baca Juga: Wajib! Sebelum Liburan Bandara Terapkan Aturan Tes Cepat Antigen

Harga Alat Uji Covid GeNose UGM

Soal harga, test kit covid GeNose UGM juga sangat menarik, yakni Rp 40 juta per unit. Satu unit GeNose dapat digunakan untuk 100.000 cek. Sebelumnya, tarif pemeriksaan alat Covid UGM dengan GeNose beredar 15-25 ribu. Padahal, nominal ini belum termasuk perlengkapan lain, seperti kantung napas dan alat pengunci. Sedangkan tarif total diperkirakan Rp. 60 ribu untuk setiap tes covid-19 dengan GeNose. Saat ini, para peneliti GeNose mengklaim memproduksi sekitar 50.000 unit setiap bulannya.

Cara Kerja Alat Uji Covid GeNose

Dibandingkan dengan swab atau metode swab, pemeriksaan uji Covid UGM, GeNose, lebih nyaman dilakukan karena bahan sampel diambil dari nafas. Cara kerja GeNose adalah dengan menampung pernafasan dalam tabung khusus. Di dalam tabung terdapat sensor yang mendeteksi senyawa organik volatil (VOC). Setelah beberapa saat, muncul hasil tes yang menunjukkan sampel Covid-19 negatif atau positif.

Baca:  Aturan Pakai Masker Kain Berikut Ini, Sudah Benarkah Kita Selama Ini?

Pada dasarnya cara ini tidak langsung mendeteksi virus dalam nafas. GeNose hanya mendeteksi metabolit gas dari orang yang telah terinfeksi virus. Ingatlah bahwa ada banyak gas organik di setiap nafas manusia. Namun, terdapat kelainan metabolisme pada nafas seseorang yang telah terpapar atau terinfeksi virus tersebut. Gangguan ini akan digunakan sebagai data dan diproses dengan bantuan Kecerdasan buatan Sehingga semakin banyak sampel maka akurasinya akan semakin baik.

Baca Juga: Ini Dia Layanan Tes Usap Rumah yang Direkomendasikan, Mampap!

Alat Uji Covid GeNose pantang

sumber: winnetnews

Sejak 24 Desember 2020, test kit Covid GeNose UGM telah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan. Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana memberikan tanggapan terkait penemuan GeNose oleh UGM. Menurutnya, GeNose bisa dikatakan murah dan bisa digunakan dalam proses tracing, testing, dan treatment di Yogyakarta. Kuwat selaku salah satu peneliti GeNose mengatakan ada beberapa batasan agar test kit covid GeNose dapat bekerja secara maksimal. Larangan tersebut meliputi:

  1. Pasien tidak diperbolehkan mengonsumsi alkohol sebelum pengujian Covid-19
  2. Sebelum tes, pasien hanya boleh makan maksimal 1 jam sebelum waktu tes Covid-19, namun ada beberapa makanan yang ditantang sebelum tes.
  3. Makanan yang menjadi tantangan adalah makanan yang aromanya terlalu kuat seperti jengkol, durian, petai, dll.
  4. Pasien dilarang merokok hingga 1 jam sebelum tes Covid-19 dengan GeNose.

Baca Juga: Tes Sambal Cireng Covid Positif? Simak penjelasannya!

Meski demikian, Kuwat menegaskan bahwa test kit Covid GeNose UGM dirancang untuk melakukan rapid screening, yang dilakukan dengan menggunakan metode rapid, sehingga dimungkinkan untuk menggantikan rapid test seperti rapid test. Namun, Kuwat mengakui bahwa GeNose belum memiliki tingkat kemampuan yang sama dengan tes swab atau PCR.

Pasca Alat Uji Covid GeNose UGM Sudah Dapat Izin Distribusi! muncul pertama kali di Mamapapa.id.