7 Mitos Makanan Ibu Menyusui, Mama Harus Tahu!

7 Mitos Makanan Ibu Menyusui, Mama Harus Tahu!

Pernah dengar Bu, pas menyusui tidak bisa makan makanan pedas? Katanya, makan makanan pedas bisa membuat si kecil ikut merasa pedas juga kan? Apakah ini hanya mitos tentang makanan ibu menyusui?

Menurut ahli laktasi, sebenarnya tidak ada pantangan makanan bagi ibu menyusui, Bu. Padahal, ibu yang sedang menyusui sebaiknya mengonsumsi makanan yang bergizi dan bergizi baik, karena ASI merupakan makanan alami bagi si kecil.

Perlu ibu ketahui, ASI mengandung karbohidrat (laktosa), protein, lemak, air, serta berbagai kandungan mineral dan antibodi.

Pentingnya Konsumsi Makanan Bergizi Ibu Menyusui

Mitos makanan ibu menyusui

sumber gambar: leadinglady.com

Saat memberikan ASI pada si kecil, Bunda wajib memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Suka mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan dilengkapi dengan protein, sayur, buah, dan asupan air untuk menu sehari-hari.

Baca Juga: Pentingnya ASI Eksklusif; Jika Ibu Menyusui Positif Corona

Selain itu, bagi ibu vegetarian, pastikan makanan yang dikonsumsi kaya zat besi, vitamin B12, asam folat, dan zinc yang bisa didapat dari kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu, untuk menggantikan zat yang biasa didapat dari protein. satwa.

Buat bunda yang bisa mengkonsumsi kopi jangan berlebihan untuk meminumnya! Cukup satu cangkir kopi sehari. Mengapa? Pasalnya, kandungan kafein dalam kopi akan dialihkan ke dalam ASI dari hasil metabolisme, namun tidak memberikan efek yang serius pada si kecil. Jika berlebihan, hal ini dapat berdampak pada Ibu dan Si Kecil.

Saat menyusui alangkah baiknya Bunda tidak mengkonsumsi alkohol dan merokok karena hal ini cukup berbahaya bagi kesehatan Bunda dan Si Kecil.

Mitos tentang Larangan Ibu Menyusui

Mitos makanan ibu menyusui

Sumber gambar: babycentre.co.uk

Beberapa bunda ikut serta menghindari jenis makanan tertentu agar tidak terjadi masalah pada si kecil, lalu apa saja mitos makanan ibu menyusui yang sudah beredar di masyarakat? Berikut detailnya:

Makanan pedas

Makan makanan pedas bisa bikin ASI berasa pedas dan bikin si Kecil diare? Ini ternyata hanya mitos Bu, fakta bahwa makan makanan pedas secara berlebihan bisa membuat Bunda diare dan mengalami dehidrasi. Sehingga bisa membahayakan ibu dan mengganggu proses menyusui si kecil.

Baca Juga: 6 Kesalahan Ibu Menyusui, Ibu Baru Wajib Diketahui!

  • Memakan ikan

Makan ikan atau seafood bisa bikin ASI bau amin? Nah, ini juga mitos makanan buat ibu menyusui lalu bunda. Padahal, ikan merupakan makanan terbaik yang harus Anda makan selama menyusui. Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan sangat baik untuk perkembangan otak si kecil, memperkuat dinding sel, menghadang penyakit jantung koroner dan mengontrol kolesterol dalam darah.

Baca:  Studi: Pewarna Makanan Bisa Membunuh COVID-19 di Udara (Airborne)

Mengkonsumsi Air Dingin atau Es

Es bisa membuat ASI jadi dingin? Wah, mitos ini juga berkembang di masyarakat luas ya Bu, padahal faktanya makanan yang dikonsumsi panas atau dingin, suhu tubuh tetap sama, begitu juga ASI yang akan dikonsumsi si kecil. Namun, ada baiknya Bunda membatasi konsumsi es batu agar tidak memicu batuk dan pilek.

Makan Sayuran Brokoli

Larangan makan brokoli juga mitos makanan bagi ibu menyusui, katanya brokoli bisa menyebabkan kentut dan kotoran menjadi sangat bau. Padahal, kubis dan brokoli mengandung nutrisi yang baik dan dibutuhkan tubuh untuk memproduksi ASI. Nah, Mams perlu tahu itu bau kentut dan buritan Si kecil tidak terpengaruh dengan makanan yang dikonsumsi ibu.

Mengonsumsi rempah-rempah

Anda bilang mengonsumsi bawang putih dan rempah-rempah lain bisa membuat si kecil iritasi dengan baunya, benarkah? Jawabannya hanya mitos, Bu, kenyataan bahwa si kecil tidak akan diganggu dengan berbagai bumbu dan rempah yang Anda makan, apalagi jika Anda sering makan bumbu tersebut saat hamil.

Makanan Santan

Santan merupakan salah satu mitos makanan ibu menyusui, Nyatanya jika anda memiliki riwayat kolesterol tinggi, maka mengkonsumsi makanan yang berupa santan tentunya tidak terlalu baik. Enaknya makan buah dan sayur untuk cemilan sehat saat mengenyangkan.

Anakmu sakit, Mama minum obat

Jangan tertipu oleh ini, Bu! Karena inilah mitos makanan ibu menyusui yang sangat dipercaya saat ini di masyarakat luas. Padahal bila si kecil sakit sebaiknya lebih sering memberikan ASI dan bila bunda sakit sebaiknya segera beritahu ke dokter untuk mendapatkan obat yang sesuai karena dia sedang memberikan ASI untuk si kecil.

Baca Juga: Manfaat ASI Eksklusif sebagai Nutrisi yang Baik untuk Mencegah Alergi

Semoga mitos makanan ibu menyusui yang berkembang di masyarakat lambat laun bisa hilang dengan selalu mencari informasi yang baik dan benar ya mams jika ragu tidak ada salahnya selalu bertanya ke dokter atau bidan! Selamat mendekorasi, selalu sehat.

Postingan 7 Mitos Makanan untuk Ibu Menyusui, Bunda Wajib Tahu! muncul pertama kali di Mamapapa.id.