6 Manfaat Asparagus Bagi Kesehatan, Termasuk untuk Pencernaan dan Diet

Pernahkah Anda mendengar tentang sayuran yang disebut asparagus sebelumnya? Ya, sayur yang satu ini mungkin tidak terlalu umum, kecuali saat dimasak menjadi sup asparagus. Padahal, biasanya lebih mudah menemukannya di supermarket yang menawarkan aneka sayuran yang cukup asing. Nutrisi yang terkandung dalam asparagus tidak kalah bagusnya dengan sayuran lainnya. Yuk, kenali berbagai manfaat asparagus.

Berbagai manfaat asparagus yang sayang untuk dilewatkan

Berikut beberapa manfaat asparagus yang bisa Anda dapatkan:

1. Baik untuk pencernaan

Sistem pencernaan manusia membutuhkan asupan serat yang cukup untuk bekerja secara optimal. Nah, Anda bisa dengan mudah mendapatkan asupan serat hanya dengan mengonsumsi setengah cangkir asparagus seberat 1,8 gram. Kandungan serat tidak larut yang tinggi pada asparagus bermanfaat untuk melancarkan buang air besar sehingga dapat dikonsumsi untuk mengatasi sembelit.

Sedangkan kandungan serat larutnya bisa menjadi makanan bagi bakteri baik di dalam usus yaitu Bifidobacteria dan Lactobacillus. Itulah sebabnya, menambahkan asparagus ke dalam menu makanan harian Anda adalah cara terbaik untuk membantu memenuhi kebutuhan serat dan menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

2. Nutrisi padat

Asparagus dikemas dengan nutrisi khusus, tetapi sangat rendah kalori. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam asparagus yaitu protein, lemak, serat, vitamin C, vitamin A, vitamin E, folat, kalium, dan fosfor. Tak hanya itu, asparagus juga mengandung mikronutrien dalam jumlah kecil seperti zat besi, seng, dan riboflavin.

Asparagus digadang-gadang menjadi sayuran yang tinggi vitamin K, yang berperan aktif dalam pembekuan darah sekaligus menjaga kesehatan tulang. Padahal, karena kandungan folatnya yang tinggi, asparagus kerap direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil, untuk membantu pembentukan sel dan DNA calon bayi.

3. Dapat membantu menurunkan berat badan

Apakah Anda sedang menentukan makanan apa yang baik untuk menurunkan berat badan? Salah satu pilihan terbaik yang bisa Anda coba adalah makan asparagus. Pasalnya, asparagus mengandung jumlah kalori yang rendah, yakni hanya sekitar 20 kalori dalam setengah cangkir.

Selain itu, kandungan serat pada asparagus tidak hanya bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan, tetapi juga berpengaruh pada penurunan berat badan.

Hal tersebut didukung oleh pernyataan dari Keri Gans, konsultan nutrisi dan penulis buku The Small Change Diet, bahwa serat dapat membantu tubuh merasa kenyang sehingga mencegah Anda untuk makan dalam jumlah banyak.

4. Mampu menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi secara luas dikaitkan sebagai faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Sebuah studi dari American Journal of Physiology, Endocrinology, and Metabolism menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak sumber kalium sekaligus mengurangi asupan garam merupakan cara efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca:  5 Bahan Alami Ini Bisa Membantu Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Di sinilah manfaat asparagus lainnya ikut berperan, karena asparagus merupakan sumber potasium yang baik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dengan cara mengoptimalkan kerja pembuluh darah dan membuang kelebihan garam melalui urin.

Pernyataan ini juga diperkuat dengan penelitian yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry yang melakukan penelitian terhadap dua kelompok tikus. Tikus kelompok pertama diberi makan asparagus, sedangkan kelompok tikus lainnya tidak diberi makan.

Hasilnya menemukan bahwa setelah 10 minggu, tikus yang mendapat asupan asparagus memiliki tekanan darah 17 persen lebih rendah dibandingkan tikus yang tidak mendapat asupan asparagus. Peneliti memperkirakan hal ini terjadi karena kandungan senyawa aktif dalam asparagus yang dapat memperbesar pembuluh darah sehingga tekanan darah tinggi secara bertahap menurun.

Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan untuk membuktikan apakah senyawa aktif ini juga akan memiliki efek yang sama.

5. Bermanfaat untuk ibu hamil dan janin

Manfaat lain dari asparagus yang tidak kalah pentingnya adalah untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi selama masa kehamilan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, asparagus kaya akan vitamin B9 atau asam folat yang bermanfaat bagi ibu hamil dan bayinya, terutama pada trimester awal kehamilan.

Asupan folat yang cukup saat ini akan membantu mengoptimalkan pembentukan sel darah merah dan DNA. Selain itu, folat juga berperan penting dalam melindungi bayi Anda dari cacat tabung saraf yang dapat dengan mudah menimbulkan berbagai komplikasi di kemudian hari.

6. Sumber antioksidan yang baik

Padahal, asparagus mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi, seperti vitamin E, vitamin C, glutathione, serta berbagai flavonoid dan polifenol. Antioksidan adalah senyawa yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari efek berbahaya radikal bebas dan stres oksidatif.

Stres oksidatif telah dikaitkan dengan penuaan, peradangan sel kronis, dan kanker. Jika ingin mendapatkan produksi antioksidan yang optimal, disarankan untuk mengonsumsi asparagus bersama sayuran dan buah-buahan lainnya untuk mengoptimalkan jumlah antioksidan dalam tubuh.

Postingan 6 Manfaat Kesehatan Asparagus, Termasuk Pencernaan dan Diet, muncul pertama kali di Hello Sehat.