5 Cerita Fabel Hewan Singkat Penuh Pelajaran

5 Cerita Fabel Hewan Singkat Penuh Pelajaran

Sering membaca dongeng dari dongeng sampai Little Mampaps? Tahukah Anda sebelumnya apa dongeng itu? Ya, cerita atau dongeng yang tokoh utamanya adalah binatang.

Hewan ini mempunyai karakter yang seperti manusia pada umumnya seperti protagonis yaitu yang bermain cerdas, ramah, suka menolong, santun dan karakter yang jujur ​​serta ada juga karakter antagonis yaitu karakter yang licik, licik, suka menang sendiri dan sombong. Nah, dalam penyajiannya, fabel bersifat mendidik dan sebagai metafora kehidupan manusia untuk mendidik anak atau bahkan masyarakat.

5 Cerita Fabel yang Mengajarkan Kebaikan

Berikut beberapa cerita dongeng binatang yang bisa Mampaps ceritakan pada si kecil, agar mereka bisa mengerti sikap apa yang harus ditiru atau tidak.

Kisah Kelinci dan Kura-kura

Cerita dongeng

sumber gambar: dongeng.kamikamu.co.id

Cerita dongeng ini tentang seekor kelinci dan kura-kura. Dahulu kala ada perlombaan lari antara kelinci dan kura-kura, kelinci adalah hewan yang terkenal dengan kecepatannya dan kura-kura adalah hewan yang terkenal karena kelambanannya. Kelinci yang sangat sombong selalu meremehkan lawannya, yaitu kura-kura yang selalu sabar dan terus bertanding.

Baca juga: Bu, Mari Kenalkan Budaya Membaca Buku untuk Bayi

Pertandingan dimulai, Kelinci dan Kura-kura mulai berlari menuju garis finis. Begitu cepatnya kelinci ini berlari dan dalam perjalanannya ia merasakan kura-kura yang sangat panjang, dan ia memutuskan untuk tidur siang di bawah pohon yang rindang. Ia tertidur lelap, tanpa disadari penyu itu mulai menyusulnya.

Dia pun terbangun dan melihat kura-kura itu sudah mendahuluinya. Ternyata penyu itu lebih cepat mencapai garis finis. Kelinci yang sombong tidak percaya dan menyesali kesombongannya.

Bebek Jelek

Cerita dongeng

sumber gambar: blogspot.com

Ada seekor itik yang memiliki penampilan atau wajah yang berbeda dengan saudara-saudaranya, bahkan sangat berbeda dengan teman-temannya. Bebek tersebut merasa sedih, karena saudara dan teman-temannya sering mengejek dan mengabaikannya.

Bebek itu meninggalkan keluarga dan teman-temannya, dia sendirian di sebuah danau yang tidak berpenghuni. Kemudian, sekawanan angsa datang dan menghampiri bebek yang sedang bersedih itu dan bertanya:

"Hei bebek, kenapa kamu sedih?"

“Saya sedih karena saya jelek dan dijauhi oleh kerabat dan teman-teman” ”jawab bebek.

& # 39; & # 39; Siapa bilang kamu jelek? Kamu sangat cantik seperti kami. Lihatlah ke dalam air, kaulah yang sangat cantik. Anda sama seperti kami & # 39; & # 39; jawab angsa itu.

Anak itik jelek ini sangat senang, karena dia telah menjadi angsa yang sangat cantik. Dia juga terbang bersama angsa lain dan mencari tempat yang sangat hangat untuk mereka tinggal bersama.

Gagak dan kendi

Cerita dongeng

sumber gambar: pinimg.com

Seekor gagak yang sabar kelelahan dalam perjalanan mencari teman-temannya yang telah meninggalkannya. Ia berhenti sejenak di sebuah tanah, tanpa disadari ia menemukan kendi berisi air. Namun, air yang ada di kendi tidak dapat diminum karena bentuknya yang kerucut. Ini akan tumpah, tapi ada bagian kendi yang tertancap.

Baca:  Sulit Hamil Karena Rahim Dingin? Ketahui Yuk, Mams!

Burung gagak terus berusaha dan mencari cara bagaimana air bisa keluar dari kendi. Ia melihat banyak sekali kerikil disekitar kendi, ia mulai mencari cara untuk memasukkan kerikil tersebut ke dalam kendi hingga penuh. Burung gagak berhasil dengan kesabarannya meminum air di kendi, setelah rasa hausnya hilang, burung gagak kembali mencari teman-temannya. Wow dongeng ini ajarkan si kecil tentang kesabaran ya Mampaps.

Baca Juga: Membaca Buku Yang Sangat Direkomendasikan Untuk Si Kecil

Serigala berbulu domba

sumber gambar: grid.id

Domba yang lapar sedang mencari cara untuk memangsa domba penggembala, karena ia telah melakukan berbagai cara dan tidak dapat menemukan seekor domba pun. Suatu hari serigala menyamar menjadi domba dengan mengenakan bulu domba yang dia temukan di jalan. Serigala pun berhasil masuk ke kandang domba dan memangsa satu persatu dombanya sampai habis.

Sang penggembala bingung, mengapa dombanya menjadi sangat sedikit dan hanya tersisa rambutnya? Ternyata ada serigala yang mengendap-endap seperti dombanya, sang penggembala marah dan memasukkan serigala lapar itu ke dalam genderang.

Kisah cangkang kura-kura

Sumber gambar: hipwee.com

Seekor penyu sedang asyik mengamati burung-burung yang beterbangan di udara, ia berharap seekor burung akan membawanya terbang melihat keindahan hutan dari atas sana. Ia merasa mimpinya tidak akan pernah terwujud, karena ia merasa tubuhnya cukup berat untuk bisa terbang. Melihat hal tersebut, seekor angsa mendekatinya dan membantu penyu tersebut terbang.

Saat hendak membawa penyu terbang, angsa memberikan satu syarat, yaitu jangan pernah membuka mulut atau berbicara dengan angsa saat terbang. Tanpa ragu-ragu, kura-kura setuju dengan syarat yang diberikan angsa padanya. Mereka terbang, di mana kura-kura dan angsa menggigit dahan bersama-sama dan mereka terbang bersama.

Baca juga: 9 dongeng pendek untuk anak-anak sebelum tidur

Saya sangat kagum karena kura-kura itu lupa dengan janji yang diberikan oleh angsa tersebut. Dia mengucapkan kata "wow" dan membuka mulutnya lebar-lebar, sehingga dia jatuh dengan keras di atas batu. Untungnya, dia selamat berkat cangkang yang dimilikinya, tetapi karena dia jatuh di atas batu, cangkangnya memiliki pola seperti sekarang ini.

Begitu, Kisah dongeng mana yang akan diceritakan Mampaps kepada si kecil Anda hari ini?

Postingan 5 Cerita Pendek Fabel Hewan Penuh Pelajaran muncul pertama kali di Mamapapa.id.