5 Bahan Alami Ini Bisa Membantu Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Tahukah anda mengapa setelah mengalami luka bakar akan muncul bekas luka? Area kulit yang rusak akibat luka bakar akan menghasilkan protein yang disebut kolagen. Kolagen diproduksi untuk memperbaiki area kulit yang rusak ini. Nah, saat memperbaiki dirinya sendiri, kulit akan menebal dan akan berubah warna dari warna aslinya. Inilah yang Anda lihat sebagai bekas luka bakar. Lalu bagaimana cara menghilangkan bekas luka bakar di kulit? Simak ulasannya.

Tingkat keparahan luka bakar

Untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkan luka bakar, pertama-tama Anda harus mengetahui seberapa parah luka bakar yang Anda alami. Tidak semua luka bakar bisa diatasi sendiri menggunakan bahan alami, dan tidak semua luka bakar bisa dihilangkan. Pada beberapa kasus parah, luka bakar tidak kunjung sembuh.

Jenis luka bakar dibagi menjadi tiga, tergantung tingkat keparahannya. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini.

Tingkat pertama

Ciri-ciri luka bakar derajat I atau minor adalah umumnya kerusakan hanya terjadi pada permukaan kulit bagian atas, warna kulit kemerahan, dan nyeri kulit ringan. Beberapa orang dengan luka bakar pada tingkat ini tidak meninggalkan luka bakar setelah perawatan yang tepat, atau hanya meninggalkan sedikit bekas luka. Biasanya luka bakar derajat satu sembuh dalam 6 hari tanpa meninggalkan bekas.

Tingkat kedua

Luka bakar derajat dua akan menyebabkan kerusakan pada permukaan kulit bagian atas sehingga masuk lebih dalam ke dalam kulit yaitu dermis kulit. Kulit akan memerah, muncul lepuh, dan kulit terasa perih.

Pada level ini, biasanya bekas luka bakar akan tetap ada di kulit. Namun, beratnya bekas luka yang tersisa juga bergantung pada perawatan bekas luka sejak awal perawatannya. Menyembuhkan luka bakar derajat dua dalam 2-3 minggu dapat meninggalkan bekas luka.

Level ketiga

Luka bakar derajat tiga merupakan kondisi paling serius yang harus ditangani oleh tenaga medis, tidak dapat dirawat di rumah. Pada luka bakar tingkat ini terjadi kerusakan kulit dari permukaan hingga kerusakan tembus ke tulang dan tendon.

Warna kulit juga bisa menjadi putih atau hitam karena hangus. Bagian kulit yang terluka menjadi mati rasa (mati rasa) akibat luka bakar pada saraf kulit. Luka bakar derajat tiga biasanya meninggalkan bekas luka bakar yang permanen.

Lalu bagaimana cara menghilangkan bekas luka bakar?

Menghilangkan bekas luka bakar dimulai dari tahap awal pengobatan

Seberapa efektif Anda bisa menghilangkan bekas luka bakar sangat bergantung pada perawatan luka bakar yang Anda lakukan sejak awal. Penanganan yang tepat dan cepat akan meminimalkan sisa luka bakar. Bagaimana:

  • Pertama kali Anda mengalami luka bakar (derajat pertama atau kedua), basuh luka bakar dengan air bersih mengalir selama sekitar 10 menit. Kemudian segera rendam dalam air dingin selama 5-10 menit.
  • Oleskan salep antibiotik ke area yang terluka. Untuk luka bakar derajat dua, sebaiknya konsultasikan ke dokter setelah melakukan pertolongan pertama di rumah.
  • Gunakan perban kasa anti lengket yang steril untuk melindungi kulit yang terbakar dari infeksi.
  • Saat merawat, konsumsilah makanan yang tinggi antioksidan dan protein, serta banyak minum air putih.
Baca:  Jangan Pandang Sebelah Mata, Ini 5 Kampanye Kebaikan dari Drakor

Hilangkan bekas luka bakar dengan bahan alami

Selain menggunakan salep atau obat yang Anda beli di apotek, Anda bisa mengombinasikan bahan alami untuk membantu menghilangkan bekas luka bakar. Ada beberapa bahan alami di sekitar Anda yang dapat membantu menghilangkan luka bakar. Namun, pastikan Anda sudah melakukan langkah pertolongan pertama di atas sebelum menghilangkan bekas luka bakar dengan tiga bahan alami berikut ini.

1. Rimpang coptidis

rimpang coptidis
Sumber: USTMC

Rimpang coptidis (Rimpang coptidis) merupakan bahan alami yang telah digunakan selama berabad-abad untuk berbagai kondisi, salah satunya luka bakar. Bahan-bahan tersebut dapat membantu meredakan nyeri luka bakar sekaligus mempercepat perbaikan sel yang rusak akibat luka.

2. Minyak wijen

minyak wijen
Sumber: Firstcry.com

Minyak wijen bisa membantu melembabkan kulit dan menyerap panas sisa luka bakar sehingga bisa lebih cepat sembuh. Bahan alami ini juga dapat mencegah pembentukan bekas luka.

3. Madu

manfaat madu manuka

Madu memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan madu pada luka dapat membantu menyembuhkan dan membersihkan area luka, mengurangi nyeri, dan mengurangi munculnya bekas luka. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa madu dapat menyembuhkan luka bakar lebih cepat daripada krim dan kain kasa antibiotik tradisional.

4. Lidah buaya

manfaat lidah buaya adalah

Dilansir dari Medical Daily, lidah buaya telah digunakan untuk pengobatan medis selama ribuan tahun. Lidah buaya juga dikenal sebagai tanaman yang dapat digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar dari gel yang ada di dalamnya. Gel atau getah lidah buaya juga dapat meredakan nyeri, bengkak, dan membantu mempercepat proses penyembuhan secara keseluruhan yang disebabkan oleh luka bakar.

5. Minyak lavender

manfaat minyak lavender

Minyak yang memiliki sifat antibakteri ini juga memiliki efek penyembuhan luka bakar. Dua hingga tiga tetes minyak lavender pada luka bakar tidak hanya mengurangi rasa sakit tetapi juga meminimalkan jaringan parut yang terbentuk. Pada beberapa orang, efek terbakar muncul saat menggunakan minyak ini, namun lama kelamaan efeknya akan berkurang seiring dengan adanya bekas luka bakar.

Jangan meneteskan minyak ini langsung ke kulit yang terbakar. Pertama campurkan 1-2 tetes minyak ini dengan minyak lain seperti minyak zaitun atau minyak bayi.

Meskipun minyak lavender dapat membantu proses penyembuhan luka bakar, namun berhati-hatilah saat menggunakannya karena memiliki efek menenangkan yang membuat orang mudah tertidur.

Postingan 5 Bahan Alami yang Dapat Membantu Menghilangkan Bekas Luka Bakar muncul pertama kali di Hello Sehat.