4 Hari Berturut-turut, 11 Nakes di Klaten Positif Covid-19

4 Hari Berturut-turut, 11 Nakes di Klaten Positif Covid-19
covid-19 klaten pasien sembuh covid-19 nakes klaten

Solopos.com, KLATEN — Jumlah tenaga kesehatan (nakes) puskesmas dan rumah sakit yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah terus bertambah. Selama empat hari berturut-turut, ada 11 nakes yang terpapar virus corona.

Sebanyak 10 orang di antaranya merupakan nakes di puskesmas, sementara satu orang merupakan nakes di rumah sakit. Para nakes terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil screening.

Pada Kamis (22/10/2020), Satgas Penanganan Covid-19 Klaten mengumumkan dua pasien sembuh dan penambahan 20 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Empat di antaranya merupakan nakes di Puskesmas Jambukulon, Kecamatan Ceper. Mereka masing-masing berinisial IP, 23, perempuan dan LN, 36, laki-laki dari Kecamatan Ceper serta P, 43, perempuan dari Kecamatan Wedi dan S, 47, perempuan dari Kecamatan Trucuk.

Perselisihan Perguruan Silat & Jebakan Tikus Jadi PR Kapolres Baru di Sragen

Pada Jumat (23/10/2020), Satgas Penanganan Covid-19 Klaten mengumumkan ada 11 pasien sembuh dan penambahan 14 pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Penambahan pasien itu termasuk T, 27, perempuan dari Kecamatan Manisrenggo yang merupakan tenaga kesehatan di Puskesmas Manisrenggo.

Pada Sabtu (24/10/2020), Satgas Penanganan Covi-19 Klaten mengumumkan ada lima pasien sembuh dan penambahan 16 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Dari penambahan itu ada pasien berinisial FM, 35, laki-laki dari Kecamatan Klaten Selatan yang merupakan nakes di Rumah Sakit dr Soeradji Tirtonegoro Klaten.

Selain itu, ada dua nakes di Puskesmas Jogonalan II masing-masing berinisial SS, 52, perempuan dari Kecamatan Prambanan dan TY, 33, perempuan dari Kecamatan Klaten Tengah.

3 Hari, 2 Pasien Covid-19 di Sragen Meninggal Dunia

Pada Minggu (25/10/2020), Satgas Penanganan Covid-19 Klaten mengumumkan ada tiga pasien sembuh dan penambahan delapan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Dari penambahan pasien itu ada tiga nakes dari Puskesmas Karangnongko masing-masing berinisial M, 40, laki-laki dari Kecamatan Karangnongko, J, 53, perempuandari Kecamatan Kemalang, dan NA, 29, perempuan dari Kecamatan Ceper.

Baca:  Emas anjlok tertekan data ekonomi positif dan hasil uji coba vaksin

Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan bidang tugas para nakes Puskesmas yang terpapar virus corona beragam. “Ada yang di bagian administrasi, gigi, perawatan, dan lainnya,” kata Cahyono saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Disinggung kemungkinan penyebab para nakes terpapar Covid-19, Cahyono mengatakan masih terus ditelusuri. “Ada satu orang yang dimungkinkan karena perjalanan dari luar kota,” jelas Cahyono yang juga Kepala Dinas Kesehatan Klaten.

Cahyono juga mengatakan ada pelayanan puskesmas yang ditutup sementara ada pula yang ditutup sebagian pelayanannya. “Kemarin Jambukulon [Puskesmas Jambukulon ditutup sementara],” jelas dia.

Cahyono mengatakan sudah ada upaya yang dilakukan setelah diketahui ada nakes puskesmas yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Langkah-langkah yang dilakukan puskesmas sebagai berikut, koordinasi dengan Satgas Kabupaten dan satgas kecamatan, kasus terkonfirmasi dilakukan isolasi mandiri, melakukan koordinasi internal puskesmas, maping Tenaga yang ada untuk pelayanan di Puskesmas, kontak erat kasus dilakukan tracing kontak dan kontak erat dilakukan karantina mandiri dan swab. Langkah selanjutnya melakukan Desinfeksi ruangan,” jelas Cahyono.

The post 4 Hari Berturut-turut, 11 Nakes di Klaten Positif Covid-19 appeared first on Solopos.com.