3 Tahun Semen Gresik di Rembang, Wujudkan Investasi Sosial dan Ekonomi

3 Tahun Semen Gresik di Rembang, Wujudkan Investasi Sosial dan Ekonomi
Semen Gresik di Rembang

Solopos.com, Rembang — Semen Gresik mendukung upaya pembangunan dan kemajuan daerah melalui berbagai investasi ekonomi dan sosial di Rembang, Jawa Tengah.

Keberadaan pabrik PT Semen Gresik (SG) memberikan dampak yang sangat positif bagi masyarakat Kabupaten Rembang mulai dari sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur, hingga pemberdayaan masyarakat.

Kepala Unit Komunikasi dan CSR PT SG Dharma Sunyata mengatakan bentuk investasi sosial yang dilakukan Semen Gresik berupa corporate social responsibility (CSR).

Sedangkan investasi ekonomi yang dilakukan yaitu menyediakan lapangan pekerjaan dan penyerapan tenaga kerja lokal.

Semen Gresik Targetkan Emas Untuk Sertifikasi Green Label

Dia menjelaskan sebagai bagian dari PT Semen Indonesia Group (SIG) sejak 2017 hingga 2019 Semen Gresik telah mengalokasikan anggaran program CSR sebesar Rp51,5 miliar. Sedangkan untuk 2020 anggaran serupa yang dialokasikan mencapai Rp14,2 miliar.

“Kehadiran Semen Gresik harus membawa dampak positif yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan daerah,” kata Dharma dalam siaran persnya, Minggu (1/11/2020).

Semen Gresik di Rembang 3
Semen Gresik di Rembang (Istimewa)

Kepala Bidang Pendapatan Badan Pengelolaan, Pendapatan, Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Rembang Romli mengatakan SG juga turut memberikan sumbangsih pajak daerah yang cukup besar bagi Kabupaten Rembang. Pajak yang disetorkan Semen Gresik pada 2019 mencapai Rp26,34 miliar.

Semen Gresik Suplai 75% Ultrapro Untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Sedangkan untuk pajak daerah yang disetorkan Semen Gresik pada 2020, Romli mengamsumsikan jumlahnya tidak akan jauh berbeda dibandingkan dengan tahun lalu meskipun Indonesia terdampak pandemi Covid-19.

“Kontribusi pajak dari Semen Gresik mencapai 26,16 persen jika dibandingkan dengan total pajak daerah pada 2019 yang besarnya mencapai Rp100,69 miliar. Pajak daerah ini merupakan salah satu pilar untuk membiayai berbagai pembangunan di Rembang,” kata Romli.

Baca:  Ketahui Berbagai Kemungkinan Penyebab Benjolan di Penis

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Rembang Arief Dwi Sulistya mengatakan SG berkontribusi dalam penyerapan tenaga kerja lokal dan mampu menggerakkan berbagai sektor secara signifikan.

CSR Semen Gresik Ayomi untuk 8 Balita Penderita Stunting di Rembang

Arief memaparkan pasca-kehadiran pabrik Semen Gresik di Rembang, perekonomian masyarakat semakin cepat tumbuh yang ditandai dengan kehadiran berbagai usaha mulai dari skala kecil sampai besar.

Semen Gresik di Rembang
Semen Gresik di Rembang (Istimewa)

“Pemkab Rembang hingga desa dan masyarakat merasakan berbagai dampak positif dari efek domino beroperasinya Semen Gresik. Sektor formal dan informal sama-sama bergerak, sehingga membangkitkan perekonomian daerah,” ujar Arief.

Kualitas Prima, Semen Gresik Tembus Pasar China dan Malaysia

The post 3 Tahun Semen Gresik di Rembang, Wujudkan Investasi Sosial dan Ekonomi appeared first on Solopos.com.